Pengertian dan Cara Menghitung Passing Grade dengan Mudah | Pelajarindo.com

Posted on 35 views
5/5 (2)

Pengertian Passing Grade dan Cara Menghitung Passing Grade – Hello sobat Pelajarindo.com, sudah beberapa lama kami tidak posting artikel tentang info-info pelajar. Nah, buat kalian yang akan mengikuti SBMPTN tahun ini, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana  cara untuk menghitung Passing Grade. Akan tetapi, tentunya kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu pengertian Passing Grade.

Pengertian Passing Grade dan Cara Menghitung Passing Grade
Pengertian Passing Grade dan Cara Menghitung Passing Grade

Pengertian Passing Grade

Passing Grade adalah suatu batas nilai minimal yang harus dapat dicapai oleh seseorang untuk memilih jurusan di suatu Perguruan Tinggi atau Universitas. Secara umum, passing grade diartikan sebagai suatu persentase nilai yang digunakan sebagai bahan acuan dalam hal meluluskan seseorang dalam suatu program studi di universitas atau perguruan tinggi.

Pada umumnya pasing grade digunakan dalam seleksi SBMPTN. Nah itulah sebabnya kenapa passing grade perlu dijadikan pertimbangan utama ketika kalian ingin memilih jurusan untuk seleksi SBMPTN.

Passing grade biasanya ditampilkan dalam bentuk persentase, biasanya berkisar antara 40% – 50% persen pada PTN – PTN di Indonesia. Jadi, jika passing grade suatu jurusan di suatu universitas berada di bawah 40%, maka persaingan kalain untuk dapat lolos pada jurusan tersebut relatif lebih mudah. Begitu juga sebaliknya, jika passing grade berada di atas 50% maka kesempatan kalian untuk lolos di jurusan tersebut relatif lebih sulit.

Baca Juga:

Tips – Cara Menyembunyikan Folder di Komputer Tanpa Software

Cara Menghitung Passing Grade

Cara menghitung passing grade sangatlah mudah, yaitu dengan cara mengikuti aturan rumus untuk menghitung passing grade. Adapun rumusnya yaitu:

Passing Grade = (B*4-S*1)*100%/JS*4

Keterangan:

B = Jawaban Benar

S = Jawaban Salah

JS = Jumlah Soal

Contoh cara menghitung passing grade:

Diketahui:

Jumlah soal SBMPTN = 100 soal.

Pada soal Pengetahuan Umum:

Jawaban benar = 25 soal

Tidak diisi = 15 soal

Jawaban salah = 10 soal

Pada soal kemampuan IPA:

Jawaban benar = 25 soal

Tidak diisi = 20 soal

Jawaban salah = 5 soal

Ditanya: Berapa passing grade saya?

Jawaban:

B = 25 + 25 = 50

S = 10 + 5 = 15

Ketentuan:

Jumlah benar x 4

Jumlah salah x 1

*) tidak diisi = tidak memiliki bobot nilai

Jadi, Passing Grade          = (50*4 – 15 * 1) * 100%/100*4

= (200 – 15) *100%/400

= 46.25%

Jadi, nilai passing grade yang kamu dapatkan adalah sebesar 46.25%.

Peluang lolos yang kalian miliki akan relatif besar jika jurusan yang kamu pilih memiliki passing grade pada tahun sebelumnya di bawah 46.25%, dan begitu sebaliknya jika passing grade pada tahun sebelumnya di atas 46.25%, maka peluang lolos kamu akan menjadi relatif lebih sulit.

Baiklah sobat pelajarindo.com, itulah pembahasan kami mengenai pengertian passing grade dan cara menghitung passing grade terbaru.

Baca Juga:

Cara Menggambar Batik dengan Pensil- Pelajarindo.com

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *