Pengertian Iman Kepada Malaikat | Lengkap Dengan Namanya

Posted on 127 views
No ratings yet.

Pengertian Iman Kepada Malaikat – Salah satu fondasi seorang muslim adalah menyakini keberadaan para malaikat Allah Swt. Tahukah anda iman kepada malaikat? Mari cermati uraian berikut ini.

1.    Pengertian Iman Kepada Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang diciptakan untuk mengerjakan berbagai tugas dan urusannya. Malaikat merupakan makhluk gaib yang memiliki ciri-ciri dan sifat berbeda dengan manusia. Malaikat diciptakan, sebagaimana yang telah ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Muslim, yang artinya “Malaikat diciptakan dari cahaya (nur), jin diciptakan dari nyala api, dan adam (manusia) diciptakan dari apa yang telah diterangkan oleh dirimu ( tanah liat ) ”.  Untuk mengenalmalaikat lebih dalam kita harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri ataupun sifat-sifatnya. Adapun berikut ini adalah ciri-cirinya antara lain :

  1. Termasuk makhluk Gaib
  2. Diciptakan dari cahaya
  3. Selalu menaati perintah Allah Swt.
  4. Tidak berjenis kelamin dan tidak berketurunan.
  5. Memiliki kemampuan berubah wujud.
  6. Mampu menjalankan tugasnya.

 

2.    Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Menurut bebrapa rwayat jumlah malaikat tidak hanya sedikit melainkan sangat banyak sekali. Namun, diantara sekian banyak malaikat, ada sepuluh malaikat yang wajib kita ketahui dan awajib kita imani. Dari kesepuluh malaikat tersebut tentunya memiliki tugasnya masing-masing, Berikut ini malaikat beserta dengan tugannya antara lain :

Baca juga :

Pengertian Iman kepada Hari Akhir | pelajarindo.com

a.    Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para rasul. Malaikat jibril memiliki kedudukan yang paling tinggi, karena ia merupakan pemimpin dari para malaikat. Dia mempunyai Gelar Ruhul Qudus yaitu tugasnya menyampakan wahyu hingga masa Nabi Muhammad saw. sebagai rasul terakhir.  Salah satu wujud bahwa kita beriman kepada malaikat jibril yaitu menerapkan ajaran islam yang sudah terkandung di dalam Al-Qur’an.

b.    Malaikat Mikail

Malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah yang ada di alam ini, termasuk kepada manusia. Ia juga bertanggung jawab untuk menurunkan hujan danmenumbuhkan tanaman. Malaikat mikail juga bertugas memberi rasa manis pada buah dan menyampaikan rezeki untuk hewan didunia. Salah satu wujud kita mengimani malaikat mikail adalah mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah Swt.

c.     Malaikat Rakib dan Atid

Malaikat Rakib dan Atid memiliki tugas mengawasi amal manusia dalam menjalani hidup di dunia. Malaikat Rakib tugasnya mencatat amal kebaikan manusia, sedangkan malaikat Atid bertugas mencatat amal keburukan setiap manusia. Suatu Wujud keimanan kita terhadapmalaikat Rakib dan Atid adalah melakukan amal kebajikan dan menjauhi perbuatan dosa.

d.    Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir merupakan dua malaikat yang bertugas mengajukan pertanyaan kepada manusia di alam kubur, baik kepada orang mukmin maupun orang kafiir.  Dalam hadis Ibnu Hibban dijelaskan bahwa “Ada tiga golongan yang tidka melewati pertanyaan dari malaikat Munkar dan Nakir, yaitu para nabi, anak kecil, dan orang yang gugur sebagai syahid”.

e.     Malaikat Izrail

Malaikat Izrail memliki tuga yaitu bertanggung jawab terhadap kelahiran dan kematian seluruh makhluk di alam ini. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa sesuai waktu yang ditetapkan oleh Allah Swt. Salah satu wujud keimanan kita terhadap malaikat izrail adalah membiasakan diri melakukan amal agar akhir hayatnya khusnul khatimah.

f.      Malaikat Israfil

Tugas dari malaikat Israfil adalah meniup sangkakala yang menandai datangnya hari kiamat. Setelah di tiupnya sangkakala ole malaikat israfil segera datang hari kiamat. Setelah itu, seluruh umat manusia keluar dari alam kubur yang berlanjut sampai pada penetapan yang menjadi ahli surge atau neraka. Salah satu wujud keimanan kita terhadap Malaikat Israfiladalah beramal saleh untuk bekal kematian.

g.    Malaikat Ridwan dan Malik

Tugas dari malaikat Ridwan dan Malik yaitu menjaga surge dan neraka. Pada hari akhir kelak manusi di kelompokan berdasarkan amalnya. Orang yang beriman dan beramal baik akan masuk ke surge dan di sambut oelh malaikat Ridwan, sedangkan yang kufur dan beramal jahat akan dilemparkan ke neraka yang telah dijaga oleh malaikat Malik.

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Baca juga :

Sejarah Masuknya Islam ke Nusantara Lengkap |Pelajarindo.com

Sumber

Penulis :

  1. Arief Nur Rhman Al-Aziiz
  2. TrisaWulandari
  3. Ma’sumantun Ni’mah
  4. Topaji Pandu Barudin

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *