Sejarah Masuknya Islam ke Nusantara Lengkap |Pelajarindo.com

Posted on

Sejarah Masuknya Islam ke Nusantara – Demi Allah, wahai paman , jika mereka mampu meletakan matahari ditangan kananku dan bulan ditangan kiri ku agar aku meninggalkan dakwah ini maka aku tidak akan pernah meninggalkannya sampai Allah menunjukan kebenaran dakwah ini atau aku meninggal dunia karenanya”

1.     Sejarah Masuknya Islam ke Nusantara

Gambar 1.1 Teori sejarah masuknya Islam Ke Nusantara

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan asal islam yang masuk ke Nusantara .Menurut Ahmad Mansur suryanegara dalam bukunya yang berjudul menemukan sejarah,terdapat 3 teori yaitu :

a.     Teori Gujarat

Gambar 1.2 Teori Gujarat

Berpendapat bahwa islam masuk ke nusantara pada abad ke ke-13 Masehi dan pembawanya berasal dari Gujajar (Cambay), India. Dasar-dasar teori adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran islam di nusantara .
  • Hubungan dagang nusantara dengan india telah lama melalui jalur Nusantara-Cambai-Timur Tengah-Eropa .
  • Ditemukannya batu nisan sultan samudra pasai yaitu malik al-saleh pada tahun 1297 yang bercorak khas Gujarat . pendukung teori Gujarat adalah snouck Hurgronje ,Willem Frederik stutterheim , dan Bernard Hubertus Maria Vlekke . Para ahli yang mendukung teori Gujarat lebih memusatkan perhatiannyapada saat timbulnya kekuasaan politik Islam , yaitu adanya kerajaan Samudra pasai . Hal ini juga bersumber dari keterangan Marcopolo dari Venesia (Italia ) yang pernah singgah di perlak (Perureula ) pada tahun 1292 .Ia menceritakan bahwa di perlak  sudah banyak penduduk yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari india yang menyebarkan ajaran Islam .

b.    Teori Mekah/Teori Arab

Merupakan teori baru yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori lama yaitu teori Gujarat . Teori mekah berpendapat bahwa Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-7 Masehi dan pembawanya berasal dari arab (Mesir ) . Dasar teori ini adalah sebagai berikut .

  • pada abad ke-7 Masehi yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatra sudah terdapat perkampungan Islam (Arab); dengan pertimbangan bahwa pedagang Arab sudah mendirikan perkampungan di kanton sejak abad ke-4 Masehi  . hal ini juga sesuai dengan berita Cina .
  • Kerajaan Samudra pasai menganut aliran mazhab Syafi’I, di mana pengaruh mazhab Syafi’I, terbesar  pada waktu itu adalah Mesir dan Mekah sedangkan Gujarat /india adalah penganut mazhab Hanafi .

Teori mekah ini tercantum dalam beberapa histografi tradisional ( tradisi penulisan sejarah yang berlaku pada masa setelah masyarakat Indonesia mengenal tulisan, baik pada zaman Hindu-Budha maupun zaman islam ) berikut ini :

  • Hikayat Raja –Raja Pasai
  • Sejarah Melayu
  • Hikayat Merong Mahawangsa
  • Histografi Aceh

Orang pertama kali yang masuk islam adalah berasal dari kalangan penguasa. Sebagian besar juru dakwah datang ke nusantara pada abad ke-12 M dan ke-13 M.

c.      Teori Persia

Berpendapat bahwa islam ke nusantarapada abad ke-13 M dan pembawanya berasal dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya Persia dengan budaya masyarakat Islam Indonesia adalah sebgai berikut :

  • Peringan 10 Muharram, atau as-syura atas meninggalnya Hasan dan Husein, cucu nabi Muhammad saw., yang sangat dijunjung oleh ornag Syiah.
  • Kesamaan ajaran Sufi yang dianut Syekh Siti Jenar dengan sufi dari iran yaitu al-Hallaj.
  • Penggunaan istilah bahasa iran dalam system mengeja huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat.
  • Ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim pada tahun 1419 M di Gresik.

Pendukung teori ini yaitu Umar Amir Husen dan Prof. Dr. Husein Jayadiningrat atau yang bernama  asli Pangeran Ario Husein Jayadiningrat.

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Baca juga

Pengertian Harta Warisan Menurut Islam Beserta Hikmahnya

Sumber

Penulis

  1. Nur Hasaniyah,.S.Ag.,M.A.
  2. Choirul Ansori, S.Ag.,M.Pd.I

Related posts: