Pengertian Bearing – Pelajarindo.com

Posted on 342 views
No ratings yet.

Pengertian Bearing

Pengertian bearning adalah bantalan yang sangat erat dengan barang elektronik. Dalam ilmu mekanika pengertian bearing adalah pembatas yang berfungsi membatasi gerak relative antara dua atau lebih komponen mesin. Dengan adanya pengertian bearing mesin akan bekerja dengan baik. Pengertian bearing adalah menjaga poros mesin agar tidak meleset atau bergeser sehingga mesin bergerak pada porosnya.

Itu lah alasan mengapa pengertian bearing tidak terlepas dari perlengkapan elektronik misalnya kipas, pendingin AC, conditioner air dan masih banyak lagi.

Jenis Bearing

Berikut ini adalah jenis bearing berdasarkan prinsip kerjanya, dan juga berdasarkan gaya atau jenis beban beserta gambarnya:

1) Ball Bearing

Ball Bearing

Jenis bearing ini sangat umum di gunakan untuk automotive equipment. Jenis bearing ini digunakan perabotan elektronik rumah tangga. Cara kerja yang sederhana dan geraknya yang efektif sehingga jenis bearing ini paling banyak di pakai. Kekurangan untuk jenis bearing ini tidak bisa menahan beban terlalu berat.

2) Roller Bearing

Roller bearing

Gambaran paling tepat untuk jenis bearing ini adalah tipe roller conveyor belt dimana bearning ini di beri beban yang berat. Jenis bearing ini berbentuk melingkar atau silinder. Kerjanya antara bagian dalam iner race dan bagian luar outer eace. Tetapi berbentuk sat ugaris bukan bertumpu pada satu titik.

3) Ball Thrust Bearing

Ball thrust bearing

Jenis bearing ini automotive equipment. Jenis bearning ini punya aplikasi khusus. Jenis bearing ini tidak bisa menahan beban yang berat dan putarannya randah. Jenis bearing ini tidak bisa di pakai untuk radial load.

4) Roller Thrust Bearing

Roller Thrust Bearing

Jenis bearing ini dapat menahan beban berat. Biasnya di pakai untuk kendaraan seperti gear box mobil dimana membutuhkan ruang dan roating shaft. Adanya gigi matahari yang di pakai transmisi mobil juga butuh bearing.

5) Tapered Roller Bearing

Tepared Reller Bearing

Komponen yang sangat penting untuk kendaraan mobil dan motor. Jenis bearing ini bisa di pakai tromol mobil, yaitu roller bearing mempunyai 2 bagian yang salaing bersebrangan. Sehingga jenis bearing ini sangat cocok menahan beban 2 arah tersebut.

6) Magnetic Bearing

Magnetic bearing

Bisa di sebut jenis bearing yang modern, karena dengan daya kerja atau putaran yang sangat tinggi. Jenis bearing ini di gunakan untuk perangkat seperti flyheel. Dengan kecepatan yang sangat tinggi jenis bearing magnetic beaing.

Baca Juga:

Pengertian Avometer – Pelajarindo.com

Pengertian Detektor Smoke – Pelajarindo.com

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga apa yang anda cari ada di artikel ini. Dan sebagai timbal balik untuk kami anda dapat klik salah satu iklan yang ada di halaman kami. Satu klik sangat membantu bagi kami

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Pengertian Bearing – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *