Pengertian Detektor Smoke – Pelajarindo.com

Posted on 27 views
No ratings yet.

Pengertian Detektor Smoke

Pengertian detector smoke adalah alat yang berfungsi mendeteksi kebakaran dini, sehingga sebelum api menyambar semakin lebar akan di deteksi oleh alat ini. Upaya untuk memadamkan api agar segera dilakukan dapat meminimalisir kerugian sejak awal.

Pengertian detektor smoke adalah sebagai alat indra manusia, bahkan detector smoke lebih peka terhadap kebakaran. Detektor smoke deteksi  kemunculan asap, kemunculan panas, dan adanya kobaran api.

Jenis Detektor Smoke

Berikut ini adalah beberapa jenis detektor smoke antara lain:

1) Smoke Detector 2 Wire

jenis detektor smoke ini memiliki kerja 2 kabel sensor dapet di integrasikan dengan fire alarm panel. Sensor yang di gunakan teknologi photoelectric dapat meningkatkan akurasi. Dilengkapi dengan alarm yang otomatis jika asap peringatan awal. Alat ini didesain dengan stainless steel inner housing dan sensor head yang tahan lama.

2) Smoke Detector 4 Wire

jenis smoke detector ini menggunakan Photoelectric untuk meminimumkan terjadinya false alarm. Alat ini dapat di tempatkan di berbagai ruang khusus untuk mendeteksi asap. Smoke detektor 4 wire ini memiliki 4 kabel dan dapat dengan mudah di integrasikan dengan berbagai jenis alarm panel.

Pengertian Smoke Detector

3) Smoke Detector Multi

jenis smoke detektor multi ini memiliki 4 kabel atau 2 kabel yang dapat mendeteksi asap. Alat ini memiliki sensor yang di integrasikan dengan security alarm dan juga conventional fire alarm. Alat ini dapat mendeteksi kumpulan asap dengan tepat dan cepat.

4) Stand alone Smoke Detector

Untuk mendeteksi asap yang berdiri tanpa memerlukan koneksi panel controller. Alat ini dapat di tempatkan di berbagai ruang. Pada saat mendeteksi kepulan asap detektor ini akan membunyikan sirene dengan intensitas 85 decibel.

Cara Kerja Detektor Smoke

Sebagai contoh cara kerja detektor smoke ada alat yaitu Photoelectric Type Smoke Detector (Optical). Cara kerja berdasarkan pembiasan cahaya lampu LED di dalam ruang detector karena adanya asap yang masuk dengan kepadatan tertentu.

Cara kerja detektor Smoke Optical (Photoelectric) untuk mendeteksi asap dari kobaran api kecil, sehingga cocok untuk hallway (lorong) dan tempat-tempat yang rata. Jenis ini lebih tahan terhadap false alarm sehingga dapat diletakkan di dekat dapur.

Cara kerja detektor Smoke Ionisasi cocok untuk mendeteksi asap dari kobaran api yang cepat (fast flaming fires), tetapi jenis ini lebih mudah terkena false alarm, karena sensitivitasnya yang tinggi. Oleh karena itu perangkat ini lebih cocok untuk ruang keluarga dan ruangan tidur.

Baca Juga:

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya | Pelajarindo.com

Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis | Pelajarindo.com

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga apa yang anda cari ada di artikel ini. Dan sebagai timbal balik untuk kami anda dapat klik salah satu iklan yang ada di halaman kami. Satu klik sangat membantu bagi kami

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Pengertian Detektor Smoke – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *