Contoh Pengujian Black Box Testing – Pelajarindo.com

Posted on

Contoh Pengujian Black Box Testing – Black box testing adalah pengujian dilakukan dengan cara memberikan sejumlah input pada program. Input tersebut kemudian diproses sesuai dengan kebutuhan fungsionalnya untuk melihat apakah program aplikasi dapat menghasilkan output yang sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai pula dengan fungsi dasar dari program tersebut.

Contoh Pengujian Black Box Testing

Berikut ini contoh hasil pengujian black Box Testing pada aplikasi kompas Tv lampung.

Nama Aplikasi:   Tanggal Pengujian:  
Tester                      :  
       
No. Halaman Yang Diuji Aksi Aktor Reaksi Sistem Hasil
Benar Salah
A.         Halaman Sistem Admin
1. Halaman Awal Admin Pilih menu login. Masuk ke halaman login admin Tidak masuk ke halaman login admin Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

2. Login Admin Memasukkan username dan password Masuk ke halaman utama website admin Akan kembali ke halaman login dan keterangan (username atau password salah) Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

3. Logout Plih menu logout Akan melakukan logout atau keluar dari sistem dan tampil ke halaman awal admin Tidak melakukan logout Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

4. Data pelanggan Pencarian data pelanggan Akan menampilkan data pelanggan yang dicari Data pelangga yang dicari tidak ditemukan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

5. Data Iklan Menambahkan data iklan dengan memasukkan semua data iklan Data iklan akan bertambah Menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Mengubah data iklan sesuai dengan perubahan yang diinginkan Data iklan terbaru akan berhasil disimpan Menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Menghapus data iklan Data iklan akan terhapus Data iklan tidak terhapus Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

6. Pemesanan Iklan Klik tombol tautan iklan Menampilkan tautan iklan berupa poster ataupun video Tidak menampilkan tautan iklan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Mengubah status transaksi (terima atau tolak) Status pesanan akan berubah menjadi “Pemesanan diproses” Status pesanan tidak berubah Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Mengapus data pemesanan Data pemesanan akan berhasil dihapus Data pemesanan tidak terhapus Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

7. Pembayaran Pencarian data pembayaran Akan menampilkan data pembayaran yang dicari Data pembayaran yang dicari tidak ditemukan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Menghapus data pembayaran Data pembayaran akan terhapus Data pembayaran tidak terhapus Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

8. Laporan Melihat laporan berdasarkan tanggal dengan mengekan tombol lihat Menampilkan laporan sesuai tanggal yang diinputkan Tidak menampilkan laporan yang diinginkan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Cetak Laporan Tampil menu dialog cetak laporan Tidak menampilkan menu dialog cetak laporan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

9. Data Kuesioner Klik menu Data Kuesioner Menampilkan grafik pie hasil kuesioner pelanggan Grafik kuesioner tidak ditampilkan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

10. Data Komentar Membalas Komentar Komentar berhasil dikirim Komentar tidak berhasil dikirim Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Menghapus Komentar Komentar berhasil dihapus Komentar tidak terhapus Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

11. Ubah Password Mengubah password admin Password berhasil diubah Password tidak berhasil diubah Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

12. Tambah Admin Menambahkan user admin baru dengan mengisi semua data User berhasil ditambahkan User tidak berhasil ditambahkan Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

B.         Halaman Sistem Pelanggan
1. Register Mengisi data dengan lengkap Berhasil membuat akun Tidak berhasil membuat akun atau menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

2. Pemasangan Iklan Memasang Iklan Video dengan mengisi seluruh data dan juga link video Pemasangan iklan video berhasil Tidak berhasil memasang iklan atau menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Memasang Iklan Poster dengan mengisi seluruh data dan mengunggah poster Pemasangan iklan poster berhasil Tidak berhasil memasang iklan atau menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

3. Pembayaran Mengunggah bukti pembayaran dengan mengisi semua data dan melampirkan gambar bukti pembayaran Bukti pembayaran berhasil diunggah Bukti pembayaran tidak berhasil diunggah atau menampilkan pesan kesalahan jika data ada yang tidak diisi Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Menekan tombol upload pada transaksi pemesanan iklan kedua Tampil Halaman Kuesioner Data berhasil diunggah atau data tidak berhasil diunggah dan sistem tidak menampilkan Kuesioner Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

4. Kuesioner Mengisi seluruh kuesioner dan menekan tombol simpan Kuesioner berhasil disimpan Tampil pesan kesalahan jika ada kuesioner yang tidak diisi dan tidak dapat menyimpan kuesioner Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

5. Forum Mengirim pesan ke admin atau komentar Pesan atau komentar berhasil dikirim ke admin Pesan atau komentar tidak berhasil dikirim ke admin Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

5. Ubah Profil Mengubah Profil dengan mengisi seluruh data dengan lengkap Profil berhasil diubah Profil tidak berhasil diubah Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

6. Logout Memilik tombol logout Keluar dari sistem dan masuk ke halaman utama pelanggan Tidak melakukan logout Sesuai           (     )

Tidak Sesuai (     )

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *