ALAT dan MEDIA GAMBAR | Untuk Menggambar

Posted on 189 views
5/5 (1)

Alat dan Media Gambar – Menggambar adalah bentuk seni yang mengekspresikan pikiran kedalam sebuah gambar pada kanfas. Dibalik gambar yang bagus dan menarik terdapat beberapa alat pendukung yang tentunya bagus pula kualitasnya. Berikut ini kita akan membahas alat dan media gambar yang sering di gunakan oleh penggambar atau pelukis-pelukis. Simak penjelasan berkut ini.

Pengertian Alat

Pengertian alat adalah sesuatu yang di gunakan untuk mengerjakan sesuatu. Alat yang di maksud di sini adalah alat untuk menggambar pada kanfas misalnya berupa pensil, krayon, cat warna, pensil warna dan masih banyak lagi macammacamnya. Alat untuk menggambar sekarang sudah banyak sekali dan sangat modern, dengan alat yang bagus juga menghasilkan gambar yang bagus dan menarik pula. Misalnya pensil, sekarang pensil sudah banyak macam-macamnya. Begitu pun pewarna ada banyak macam-macamnya.

Pengertian Media Gambar

Pengertian media gambar adalah sesuatu yang di gunakan untuk menumpahkan coretan-coretan alat gambar. Media gambar yang di maksud misalnya kain, kertas, karton dan dinding. Media gambar banyak macamnya sekarang misalnya kertas, kertas ada varian ketebalannya masing-masing.

Alat dan Media Gambar

Menggambar memerlukan peralatan gambar yang bermacam-macam. Dibalik gambar yang bagus ada alat yang bagus pula. Alat yang di gunakan berupa pensil, cat air atau pensil warna. Di bawah ini kita akan membahas mengenai alat dan media gambar.

1.      Pensil

Alat yang paling wajib punya oleh seorang pelukis atau penggambar adalah pensil. Pensil adalah modal untuk menggambar paling awal sekali. Bentuk pensil juga berbeda-beda loh jangan samakan semua pensil itu sama, tidak sama bagi seorang penggambar. Pensil ada 2 jenis yaitu di tandai dengan huruf H dan B. pensil dengan huruf H adalah tipe pensil yang keras dan cocok untuk membuat garis tebal atau pekat. Sedangkan B ada beberapa tingkatan kekerasan. Pensil B ada beberapa tingkatan kepekatan misalnya 0,1 0,5 atau 1. Semakin besar semakin tebal dan keras.

2.      Penghapus

Jika ada pensil pasti juga ada penghapus. Bisanya awal menggambar dengan garis yang tipis kemudian di pertebal dan di hapus. Penghapus sangat penting untuk proses menggambar.

3.      Pensil Warna

Pensil warna adalah varian pensil yang warna-warni untuk membuat motif atau mewarnai sesuatu. Untuk menggunakan pensil warna memerlukan Teknik gradasi supaya hasilnya natural dan bagus. Penggunaan pensil warna juga bisa mengatur arah yang lebih gelap dan warna yang lebih terang.

4.      Krayon

Selain pensil warna untuk pewarna ada juga krayon. Krayon ada dua jenis yaitu krayon batangan dan krayon pensil. Biasanya krayon batangan lebih berminyak dibandingkan pensil pensil. Namun krayon yang berminyak bisa dibalurkan dengan tangan sehingga warna yang di hasilnya sangat bagus gradasi. Krayon memberikan kesan lembut dan cerah.

5.      Cat Air

Perwarna tidak hanya menggunakan pensil warna dan kerayon. Cat air adalah pewarna yang di gunakan untuk melukis. Melukis untuk paling dasar adalah bisa memainkan gradasi warna, mencampurkan warna untuk mendapatkan warna yang sesuai lumayan susah kita harus menambahkan cat airnya tetes demi tetes.

6.      Pulpen (ballpoint)

Selain digunakan untuk menulis pulpen juga bisa digunakan untuk menggambar. Ada beberapa orang yang suka menggambar dengan menggunakan pulpen. Menggambar dengan pulpen memiliki karakter yang kuar dan kebanyakan berupa arsiran dan klasik.

7.      Kertas Gambar

Kebanyakan orang menggambar di kertas putih tetapi ada juga yang suka menggambar dangan kertas yang hitam misalnya. Kertas gambar tidak harus putih dan polos. Menggambar juga bisa di kertas yang bergaris seperti buku tulis.

Baca Juga:

Pengertian Elemen Gerak Tari | Ruang, Waktu, & Tenaga

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Eko Purnomo, Deden Haerudin, Buyung Rohmanto, Julius Juih.

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Seni Budaya

Kelas               : VII

Tahun              : 2017

Beri nilai untuk artikel ini:

3 thoughts on “ALAT dan MEDIA GAMBAR | Untuk Menggambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *