TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Posted on 5,669 views
5/5 (2)

Menggambar flora dan fauna – flora dan fauna adalah objek yang paling banyak di jadikan inspirasi oleh banyak orang pengrajin. Tidak akan habisnya jika kita akan menggali keakenaragaman flora dan fauna di muka bumi ini. Tumbuhan yang sering di jadikan objek adalah bunga-bungaan misalnya bunga anggrek, bunga mawar, bunga melati, bunga sakura dan masih banyak lagi. Sedangkan hewan yang sering di jadikan objek adalah burung, gajahm badak, cicak, cindrawasih dan masih banyak lagi.

Pengertian Menggambar

Menggambar adalah aktivitas fisik yang berhubungan dengan keterampilan menggunakan peralatan peralatan menggambar sedangkan mental berhubungan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pengertian menggambar adalah gambar merupakan Bahasa universal yang berhubungan dengan aktivitas manusia dan roh leluhur pada masa itu. Bagi manusia zaman dahulu gambar bukan hanya sekedar gambar tetapi mengandung arti sendiri misalnya berkomunikasi dengan leluhur.

Ada beberapa orang yang pandai menyampaikan imajinasi atau pesan lewat gambar. Orang-orang seperti ini yang biasa kita temukan sebagai pelukis atau penggambar seni rupa.

Pada zaman dahulu menggambar menggunakan peralatan yang terbatas, misalnya menggunakan batu, pohon, daun-daunan dan kayu. Sekarang alat sudah beragam menawarkan berbagai motif dan warna yang menarik. Dengan berkembangnya alat dan bahan untuk menggambar semakin berkembang juga hasil yang di hasilkan.

Objek Menggambar

Objek adalah sesuatu yang akan di gambar. Menggambar bukan hanya menggandalkan imajinasi saja namun juga harus ada objeknya. Alam semesta adalah objek yang paling bagus untuk saat ini. Alam menawarkan banyak sekali objek yang tidak akan habis jika di eksplor terus menerus. Selain flora dan fauna ada juga alam benda yang tidak kalah menginspirasi untuk menggambar.

Flora
Flora

Fauna
Fauna

Alam Benda
Alam Benda

Komposisi Menggambar

Ada dua jenis komposisi mengambar yaitu simetris dan asimetris. Berikut ini adalah perbedaannya:

1.      Komposisi Simetris

Komposisi simetris
Komposisi simetris

Komposisi simetris adalah bentuk yang menunjukkan bahwa objek dibagian kanan bidang gambar sama atau mirip dengan objek dibagian kiri gambar.

2.      Komposisi Asimetris

Komposisi Asimetris
Komposisi Asimetris

Komposisi asimetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan bidang gambar tidak sama atau tidak mirip dengan objek di bagian kiri bidang gambar tetapi terkesan menunjukkan keseimbangan.

Dari kedua komposisi tersebut ada kelebihan masing-masing. Benda yang berwarna gelap memiliki kesan lebih berat dari pada warna yang terang. Konsep komposisi sangat penting dalam menggambar. Objek akan terkesan terlihat dari kanan, atas, bawah, dan kiri.

Teknik Menggambar

Menggambar adalah bakat seseorang untuk menumpahkan segala pemikiran dalam selembar kertas. Namun juga ada loh orang tidak berbakat tetapi terus berlatih hingga menjadi terbiasa. Teknik menggambar di mulai dari yang mudah membuat sketsa terelebih dahulu.

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Sebelum mengambar harus membuat sketsa terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses penjiplakan. Selain itu gambar juga memiliki komposisi, proporsi dan keseimbangan yang bagus.

Ada beberapa tahapan yang perlu di perhatikan pada saat menggambar raam hias antara lain:

  • Menentukan objek
  • Mengetahui bentuk dasar objek yang akan di gambar
  • Mengetahui bagian-bagian objek gambar
  • Menyusun dan menyambungkan perbagian menjadi kesatuan gambar yang utuh
  • Membarikan latar belakang yang sesuai untuk hiasan

Untuk pemula atau yang belum terbiasa lakukan dengan tidak tergesa-gesa dan teliti agar hasilnya sesuai dengan apa yang di inginkan. Saran untuk motif flora dan fauna misalnya burung dan bunga sangat rekomen untuk belajar menggambar.

1.      Teknik Mengambar Flora

Teknik menggambar flora atau tumbuhan memiliki Teknik yang berbeda tergantung dengan objek yang akan di gambar. Misalnya bunga, bunga mawar dan melati sangat berbeda bentuknya. Menggambar flora biasanya menonjolkan sisi keindahannya. Bukan hanya bunga saja objek yang di ambil, namun juga ada batang dan daun untuk menghias supaya lebih menarik. Berikut ini adalah contoh bunga kamboja dengan Teknik mengambar flora.

  1. Gambar lingkaran, dan buat pola dasarnya
  2. Gambar kelopak bunga dengan gerigi-gerigi supaya mirip aslinya
  3. Hapus lingkaran, kemudian beri warna yang sesuai dengan bentuk asli bunga kamboja

Contoh lain adalah bunga mawar, namun ini agak sedikit lebih sulit. Perhatikan langkah-langkah menggambar bunga mawar berikut:

  1. Gambar pola dasar seperti di atas
  2. Gambar kelopak yang mengitari bunga
  3. Tentukan titik pusat dan mulai gambar kelopak-kelopak bunga mawarnya
  4. Beri warna yang sesuai dengan bunga mawar agar terkesan hidup

2.      Teknik Menggambar Fauna

Teknik menggambar fauna berbeda-beda tergantung dengan objeknya. Banyak objek yang di gunakan untuk menggambar misalnya angsa, burung, gajah dan lain-lain. Ada hewan yang hidup di darat dan di air, jika di air perlu memberikan efek air agar tekesan natural. Menggambar fauna bisa di mulai dengan kepala, badan, ekor lalu bentuk kesatuan. Berikut ini adalah gambar angsa perhatikan langkahlangkahnya:

  1. Buatlah lingkaran oval seperti gambar di atas
  2. Tambahkan bentuk pola kepala dan ekor setra kaki
  3. Beri arsiran dan warna yang sesuai dengan warna asli

3.      Teknik Mengambar alam Benda

Teknik menggambar alam benda disebut juga dengan menggambar bentuk. Pada saat menggambar bentuk ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antaralain:

  1. Proporsi bentuk benda yang akan di gambar
  2. Komposisi letak benda
  3. Cahaya yang menerangi benda
  4. Penggunaan arsiran atau warna terkesan bidang tiga
  5. Penggunaan latar belakang

1. Gambarlah bentuk oval dan silinder

2. Buat bagian yang membentuk gelas dan piring

3. Teknik arsir sangat berpengaruh agar hasil seperti tampak hidup.

Baca Juga:

TAHAPAN PROSES PEMBUATAN KAIN TENUN LENGKAP & TERPERINCI

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Eko Purnomo, Deden Haerudin, Buyung Rohmanto, Julius Juih.

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Seni Budaya

Kelas               : VII

Tahun              : 2017

Beri nilai untuk artikel ini:

2 thoughts on “TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *