Pengertian Elemen Gerak Tari | Ruang, Waktu, & Tenaga

Posted on 14 views
No ratings yet.

Elemen Gerak Tari – Tari merupakan ekspresi gerak tubuh. Tari tersusun atas tiga elemen yaitu ruang, waktu dan tenaga. Kita akan membahas satu persatu, simak penjelasan berikut.

Pengertian Elemen Gerak Tari

Pengertian elemen gerak tari adalah unsur-unsur yang ada di dalam tari yang membentuk tarian seindah mungkin dan dengan iringan yang seralas dengan musik. Menari bukan hanya menggerakkan badan tetapi bagaimana mengekspresikan gerak menjadi suatu cerita atau pesan yang di sampaikan. Banyak tari yang mengekspresikan duka, gembira, sedih, penghianatan dan masih banyak lagi cerita lainnya.

Dari berbagai daerah ada beberapa tarian khas yang menggambarkan budaya masing-masing. Dari setiap propinsi di Indoneisa memiliki lebih dari satu tarian, ini berarti sangat banyak jenis tari yang ada di Indonesia.

Elemen dasar tari adalah gerak. Di galam gerak terdapat ruang, waktu dan tenaga. Simak penjelasan berikut ini:

1.      Ruang

Ruang
Ruang

Jika kamu melakukan gerakan  di tempat sendiri berarti kamu melakukan gerakan pribadi. Jika kamu bergerak dan berpindah tempat maka kamu bergerak di ruang umum. Gerak di lakukan di dalam ruang dapat di lakukan sendiri, berdua, dan berkelompok.

Dalam setiap penari misalkan ada 8 orang. 2 orang melakukan gerakan berbeda sedangkan 6 orang lain melakukan gerakan yang berbeda juga. Dalam hal ini ada 2 ruang dalam sekaligus.

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

2.      Waktu

Waktu
Waktu

Waktu sama saja dengan tempo. Setiap gerak dalam tari ada waktu yang baik baeik gerak estetis atau gerak fungsional. Gerak bisa dilakukan dengan lambat atau gerak bisa di lakukan dengan cepat bahkan dua kali lebih cepat. Itu semua di atur dalam tempo. Tempo dalam tari adalah cepat lambatnya gerakan. Fungsi tempo adalah memberikan kesan dinamis sehingga tarian rapi dan kompak untuk di nikmati.

3.      Tenaga

Tenaga
Tenaga

Menari juga memerlukan tenaga, Karena menari juga bergerak dan mengeluarkan keringat seperti olahraga. Penggunaan tenaga ada 3 yaitu:

  1. Intensitas yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak
  2. Aksen atau tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras
  3. Kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga.

Jika gerak memerlukan intensitas tingga maka tenaga yang di butuhkan juga semakin banyak. Tarian papua memiliki gerak pada kaki dengan cepat sehingga membutuhkan tenaga pada bagian kaki.

Baca Juga:

Musik ansambel | Alat Musik Ritmis, Melodis, Harmonis

Teknik Vokal | Teknik Pernapasan Dada, Perut, Diafragma

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Eko Purnomo, Deden Haerudin, Buyung Rohmanto, Julius Juih.

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Seni Budaya

Kelas               : VII

Tahun              : 2017

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *