3 Jenis Peralatan Membuat Sketsa yang Bagus

Posted on

Sebelum melukis, tentunya ada beberapa Peralatan membuat sketsa yang harus anda sediakan terlebih dahulu. Bagi yang belum tahu, pengertian Sktesa adalah gambar dasar / gambar kasar yang ditulis diatas kertas atau kanvas dan bersifat sementara.

Melukis adalah sebuah seni serius. Umumnya, seniman lukisan akan memberikan kesan tersendiri terhadap lukisannya, kadang itu berupa kisah hidupnya sendiri, orang lain, maupun yang terinspirasi dari berbagai hal.

Selain nama besar dari seniman itu sendiri, salah satu penyebab mahalnya harga lukisan adalah pesan dan kesan yang terkandung didalamnya, dan semua itu bermula dari sketsa yang baik dan bagus.

Peralatan Sebelum Membuat Sketsa dan Cara Menggambarnya

Lalu, bagaimana cara membuat sketsa lukisan yang baik? Apa saja Peralatan membuat sketsa yang harus disediakan sebelum membuat lukisan? Dibawah ini akan saya uraikan ulasan lengkapnya, dilansir dari Omah Kreatif.

Namun sebelum masuk pada poin pertama, ada beberapa aturan sebelum membuat sketsa yang bagus dan anda harus ketahui terlebih dahulu, antara lain adalah :

  • Buatlah kerangka gambar berupa horizontal, vertikal dan diagonal secara tipis dengan pensil
  • Membuat garis sekunder, contohnya kerangka kubus / kotak yang tipis juga
  • Jika sudah dirasa benar, tebalkan garis-garis yang masih tipis tadi
  • Kemudian sesuaikan tingkat ketebalan dengan karakter jenis garis yang dikehendaki.

Jika 4 aturan diatas sudah anda pahami, sekarang masuk ke beberapa jenis peralatan sketsa yang harus disiapkan sebelum membuat sebuah lukisan, disntaranya adalah :

1. Peralatan Kertas sebagai bahan dasar Sketsa

Pertama-tama tentunya anda siapkan dulu selembar kertas, sebagai media yang akan dijadikan sketsa. Usahakan kertas putih yang polos, karena alat pelukisnya adalah pensil yang nantinya ditulis tipis dulu.

Contoh kertas yang bisa dijadikan sketsa adalah kertas HVS, Manila, Padalarang, kertas roti, Kalkir, dan kertas untuk sketsa itu sendiri. Silakan dipilih mana yang anda sukai dan menurut anda paling mudah ditemukan atau digunakan.

Jenis kertas akan menjadi tolok ukur dari kekuatan garis yang dibuat. Semakin kasar permukaan sebuah kertas, garis yang dihasilkan semakin gelap, semakin licin kertas, maka goresan akan terlihat sedikit abu-abu.

2. Peralatan Melukis yakni Pensil

Ada banyak jenis pensil yang bisa digunakan untuk membuat dasar maupun sebagai pengenal garis sketsa, beberapa jenis ini pun punya kualitas kejelasan dan kehitaman yang berbeda pula, diantara lain adalah :

A. Pensil Biasa

Ini adalah jenis pensil yang biasa kita temukan di pasar-pasar tradisional, maupun di banyak toko, sekaligus yang paling sering kita pakai ketika di Sekolah Dasar dulu. Kualitas Kayu yang digunakan juga relatif rendah dan murah.

Sebenarnya, tipe pensil biasa memang sudah bisa menghasilkan sketsa yang bagus sebagai lapisan awal, namun jika ingin lebih optimal lagi, poin berikutnya adalah rekomendasi untuk anda gunakan.

B. Pensil Keras (Hard/H)

Jenis pensil yang satu ini memiliki tingkat kualitas yang sangat keras, yakni mulai dari 9 H sampai F. Semakin tinggi tingkat kekerasan sebuah pensil, maka semakin bisa untuk menghasilkan garis-garis tipis, halus dan padat.

C. Pensil Sedang (Medium/HB)

Jenis pensil menengah ini biasanya digunakan untuk merancang desain / sket / gambar rencana, baik untuk dekorasi maupun gambar reklame.

D. Pensil Lunak (Soft/B)

Tipe pensil ini banyak dipakai orang untuk menggambar bentuk dari potret, berbagai objek hingga pemandangan alam dalam wujud hitam putih. Ini karena garis yang dihasilkan cukup gelap, padat dan gelap-terang.

E. Konte

Goresan pensil ini berwarna hitam arang, yang membedakannya dengan pensil biasa adalah goresan pensil ini terang dan tebal. Pensil ini dibedakan menjadi Hard / H / Keras, Medium / HB / Sedang dan Soft / B / Lunak.

F. Pensil Warna

Pensil ini sering kita temukan dengan komposisi 12 macam warna. Untuk menghasilkan gambar sketsa yang detail dengan pensil ini, anda bisa melakukannya dengan cara menulis seperti biasa.

Sedangkan untuk menghasilkan garis-garis yang terkesan kuat, pegang pensil diantara ibu jari atas dan 4 jari dibawahnya. Saat menggambar dengan pensil, semakin kuat tekanan yang diberikan, maka hasil goresan akan semakin tebal, begitu juga sebaliknya.

Baca juga : Teknik Melukis

3. Peralatan Pelengkap

Peralatan sebelum membuat sketsa yang terakhir yakni perlengkapan yang biasa digunakan dalam tulis-menulis, sebut saja seperti penghapus, penggaris, jangkar, siku, segitiga dan lainnya.

Selain itu, juga dibutuhkan peralatan lain seperti light box, scanner, meja gambar, mesin gambar, mistar gambar segitiga, busur derajat, mal dan sablon.

Baca juga : 10 Pelukis Tersohor asal Indonesia yang Mendunia

Cara menggambar Sketsa bagi Pemula

Bila Anda adalah pemula dan ini merupakan kali pertama anda dalam membuat sebuah sketsa, maka ada beberapa poin yang harus anda lakukan, poin-poin tersebut antara lain adalah :

A. Niat

Dalam melakukan suatu aktivitas, seringkali kita mengalami rasa jenuh dan kebosanan ditengah-tengah pekerjaan. Dengan menancapkan niat yang kuat, rasa yang menjadi pengganggu tersebut bisa anda minimalisir dan dihilangkan dari dalam pikiran anda.

B. Menggunakan Pensil Khusus

Bagi seorang pemula, memang direkomendasikan untuk menggunakan pensil umum dan berkualitas seperti 2B. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, gunakanlah pensil khusus, misalnya yang keras ataupun lunak, seperti yang sudah saya jabarkan diatas.

C. Menggunakan Kertas Khusus

Cara menggambar sketsa yang ketika yakni menggunakan media kertas yang khusus. Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan memakai beberapa tolok ukur, misalnya jenis pensil yang digunakan hingga objek yang ingin dibuatkan sketsa.

D. Objek yang Mudah

Buatlah sketsa dengan objek yang mudah-mudah dulu, jangan langsung menggambar yang berdasarkan imajinasi alias tidak terlihat, hal itu hanya bisa dilakukan oleh para pelukis profesional. Banyak objek nyata di sekeliling yang bisa kamu buat sebagai bahan awal percobaan.

E. Terus Berlatih

Yang terakhir adalah mempersering latihan membuat gambar sketsa, akan lebih mudah jika ini asalah passion bawaan anda sendiri. Namun jika tidak, anda harus rutin dan banyak menggali ilmu mengenai seni ini.

Jika sudah mahir, banyak hal yang bisa didapat, mulai dari kesenangan, karya yang bagus hingga finansial yang menggiurkan. Intinya, jangan cepat puas dengan pencapaian saat ini, teruslah belajar dan jangan langsung merasa hebat.

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai 3 Jenis Peralatan membuat sketsa yang harus anda sediakan sebelum menghasilkan sketsa lukisan yang bagus. Persiapkan perlengkapan ini terlebih dahulu sebelum beraksi. (Referensi)

Related posts: