Pengertian Mikrokontroler – Pelajarindo.com

Posted on 43 views
No ratings yet.

Pengertian Mikrokontroler

Pengertian mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol rangkaian elektronik penyimpanan program. Pengertian mikrokontroler adalah penyimpanan yang terdiri dari CPU (central processing unit), memori, input dan output, dan unit-unit pendukung lainnya.

Kelebihan mikrokontroler adalah tersedia RAM dan peralatan input output pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi ringkas dan sederhana. Contoh penyimpanan pada mikrokontroler adalah CMOS 8 bit dengan 4 KB Flash PEROM yang dapat di hapus dan di tulis sebanyak 1000 kali tulis. Mikrokontroler di produksi dengan menggunakan teknologi high density non volatile memory. Sebagi contoh adalah running texs, time on of pada waktu memasak, jadwal adzan, dan lain-lain.

Mikrokontroler di susun dalam satu chip yaitu prosesor, memori, input output yang saling terintegrasi menjadi keterkaitan yang dapat bekerja secara inovasi sesuai dengan kebutuhan. Mengunakan mikrokontroler dapat mempermudah pekerjaan atau project. Ada beberapa jenis mikrokontroler antara lain AVR, MCS51, IPC dan ARM. Berikut ini adalah jenis-jenis mikrokontroler.

Jenis Mikrokontroler

Dalam Mikrokontroler terdapat beberapa Jenis mikrokontroler antara lain:

1) AVR

ARM

Jenis mikrokontroler AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling banyak di gunakan. Pembuatannya juga tidak terlalu sulit hanya butuh ketelitian saja. Di buat untuk pembuatan modul, project.

2) MCS51

MCS51

Di bandingkan dengan yang lain jenis mikrokontroler masih tergolong murah dan bisa di jumpai dimana saja. Namun dari segi kwalitas masih kurang. Dibandingkan dengan AVR masih bagus AVR. Karena AVR sangat unggul jenis mikrokontroler.

3)PIC

PIC

4)ARM

AVR

Contoh Mikrokontroler

berikut ini adalah beberapa contoh mikrokontroler:

1) Sebagai hiasan atau papan led running texs.

Running Text

2) Dalam bidang industry, misalnya kita buat Sensor suhu / temperatur penghitung pada mesin konveyor, lengan robot.

3) Dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kita bisa buat Jam Digital buat Timer On Off

On Of

 

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga apa yang anda cari ada di artikel ini. Dan sebagai timbal balik untuk kami anda dapat klik salah satu iklan yang ada di halaman kami. Satu klik sangat membantu bagi kami.

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *