PENGERTIAN ANIMASI 2DIMENSI |Keunggulan Animasi 2D

Posted on 49 views
No ratings yet.

Pengertian Animasi –animasi 2dimensi tentunya tidak asing lagi di telinga kalangan masyarakat khususnya anak-anak ya?. Seperti yang biasa kita lihat di televisi. Nah, mungkin kalian semua sudah melihat filmnya tetapi kalian pasti belum faham apa sih animasi 2dimensi itu? Simak terus artikel di bawah ini.

 

Pengertian Animasi 2 Dimensi

Animasi 2D adalah sebuah karya gambar suatu objek yang memiliki panjang dan lebar, dan hanya bisa di lihat dari satu sisi pandang. Animasi 2d leboh di kenla dengan sebutan kartun, yang merupakan kumpulan gambar-gambar lucu. Beberapa contoh kartun misalnya; Donald duck, tom & jerry, dan masih banyak lainnya.

Animasi dua dimensi di bagi menjadi 2 jenis yaitu :

1.     Animasi Cel

Nama animasi cel di ambil dari kata celluloid, yaitu bahan utama untuk membuat sebuah animasi pada pertama kali munculnya animasi.

Animasi cel merupakan sebuah lembaran-lembaran gambar yang membentuk sebuah objek tunggal.

Di setiap cel pada jenis ini memiliki objek yang terpisah-pisah,namun tetap tetap menggunakan satu background.

2.     Animasi Path

Animasi path adalah suatu animasi dari sebuah objek yang hanya akan memiliki gerakan yang mengikuti suatu garis yang sudah ditentukan. Misal, animasi dengan objek kereta api yang berjalan hanya mengikuti relnya.

Pada umunya animasi path akan diberi pengulangan animasi, sehingga animasi tersebut akan terus bergerak berulang-ulang hingga kondisi tertentu. Seorang animator dapat menggunakan teknik animasi path, yaitu suatu teknik yang menggunakan layernya sendiri dandi definisikan untuk lintasan bergerak.

 

Keunggulan animasi 2D

Animasi 3D telah menikmati puncak popularitas. Saat ini, film utama di seluruh dunia menggunkan teknik untuk membuat sebuah gambar manusia hidup seakan-akan pengunjung merasa mereka adalah bagian dari animasi yang digambarkan di layar. Populitas 3D tak menarik dengan 2D,sejak munculnya pada awal 1900-an, telah disediakan manfaat untuk proyek animasi. Berikut beberapa keuntungan dari banyak animasi 2D.

a.      Efisiensi

Animasi pada dasarnya tidak memulai proses yang sederhana. Animasi 2Dmembutuhkan banyak keterampilan dan kreativitas untuk menghasilkan objek, karakter dan dunia yang menarik untuk menyampaikan cerita dan pesan.

b.      Kesederhanaan

Manfaat kedua animasi2D yaitu kenyataan bahwa desain yang cenderung kurang kompleks daripada yang disediakan oleh animasi 3D. menguntukan atau tidaknya sebuah desain animas 2D yaitu tergantung pada proyek.

c.       Efektivitas biaya

Sebuah animasi membutuhkan waktu kurang dan kurang kompleks berarti jika hal itu dapat di capai dengan sumber daya yang lebih sedikit, maka tabungan ang sering diterjemahkan masuk ke harga yang lebih kecil. Setiap orang yang menyediakan animasi 2D harus bisa bekerja sama dengan anggaran anda untuk membuat proyek yang memenuhi tidak hanya kebutuhan kretive anda, tetapi juga kendala keuangan anda.

d.      Kebebasan Artistik

Animator mengembangkan karakter dan dunia yang memenuhi kebutuhan proyek, bukan hanya berfokus pada menciptakan gambar sebagai manusia hidup, masih banyak objekang lain untuk refresensi animator

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

baca juga:

PENGERTIAN ANIMASI | Menurut Ahli, Prinsip, Jenis

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *