Bidang-Bidang Akuntansi | Pelajarindo.com

Posted on

Bidang-Bidang Akutansi – bidang akutansi buplik dan bidang akutansi interen. Pembahasan yang sangat menarik sekali kali ini. Membedakan dua bidang akuntansi sekaligua. Simak pembahasannya di pelajarindo.com semoga bermanfaat

Bidang-Bidang Akutansi

Pengertian bidang-bidang akutansi adalah bidang yang membagi diantara bidang akutansi di mana ada dua bidang. Bidang tersebut adalah bidang akutansi publik dan interen. Ada beberapa bagian untuk bidang akuntansi publik yaitu audit atas laporan keuangan (auditing) dan akuntansi pajak,. Sedangkan untuk bidang akuntansi intern yaitu konsultasi managemen, akuntansi beban, peranggaran, perancangan sistem informasi, dan audit intern. Mari kita simak pengertian masing-masing bidang dan sub bidangnya.

Bidang Akuntansi Publik

Bidang akuntansi publik adalah sebuah bidang yang berhubungan dengan peorangan atau bisa juga anggota dalam suatu kantor akuntan publik. Didalam bidang akuntansi publik  terdiri audit atas laporan keuangan dan akuntansi perpajakan.

Bidang-Bidang Akuntansi
  1. Audit Atas Laporan Keuangan (auditing)

Auditing ini adalah bidnag pekerjaan yang paling utama diberikan ke publik (umum). Audit atas laporan keuangan juga memeriksa laporan secara independen sebagai penilaan kewajaran sebuah laporan keuangan. Laporan tersebut disusun menajemen sebagai investor, direktur, serta pihak-pihak lainnya. Laporan tersebut sering sekali tidak percaya oleh pihak luar karena perbedaan pandangan dan kepentingan. Kemudian hasil pemeriksaan tersebut dituangkan dalam sebuah laporan yang biasa disebut laporan auditor independen. Jika laporan keuangan tersebut wajar atau sebaliknya seorang akuntan akan memberikan pendapatnya dalam bentuk laporan juga.

  1. Akuntansi Perpajakan

Ini yang paling populer diantara yang lain. Akuntansi perpajakan sangat sering di butuhkan masyarakat. Didalam akuntansi perpajakan memiliki tujuan utama yaitu:

1) Memenuhi peraturan perpajakan yang berlaku saat ini.

2) Membantu dalam pembuatan perencanaan pajak (tax planning).

  1. Konsultasi Manajeman

Konsultasi yang sangat luas, sehingga sering kali di batasi dan membutuhkan wantu yang lama. Konsultasi manajemen biasanya di berikan bersamaan dengan laporan keuangan. Untuk menjadi konsultasi manajeman harus mempunyai pengetahuan yang mendalam menganai operasi perusahaan tersebut. Sehingga konsultasi manajeman memberikan saran dan pertimbangan kepada manajeman untuk memperbaiki kesalahan setelah pemeriksaan.

Baca Juga:

Pengertian Akuntansi | Pelajarindo.com

Pengertian Akuntan Publik | Pelajarindo.com

Bidang Akuntansi Interen

Bidang akuntansi akuntansi intern adalah bidang yang berfokus dalam akuntansi interen saja. Di dalam bidang akuntansi interen terdapat beberapa yaitu akuntansi beban, peranggaran, perancangan sistem informasi, dan audit interen.

  1. Akuntansi Beban

Akuntansi beban adalah penganalisisan beban perusahaan membantu manajeman dalam pengawasan beban. Pada dasarnya akuntansi beban  ditekankan pada beban industri, tetapi saat ini kebanyakan penekanan beban makin lama meningkat tajam. Selain itu akuntansi beban digunakan untuk menentukan harga pokok jual produk sehingga memperoleh laba yang besar. Bisang akuntansi beban juga memberikan informasi mengenai produk mana yang laris dan kurang. Sehingga dapat lebih cepat dalam pengambilan keputusan.

  1. Penganggaran

Penggaran merupakan perencanaan yang terperinci dan sasaran penjualan dan lamba untuk pencapaian sasaran tertenu. Menyusun anggaran sangat memperhatikan data masa lalu yang didalam laporan akuntansi. Anggaran tersebut juga di gunakan untuk mengawasi jalannya operasi dalam perusahaan. Dengan membandingkan antara data sesungguhnya dengan data anggaran. Sehingga peusahaan memandang kegiatan penggaran sebagai proses yang sangat penting dalam lingkungan akuntansi.

  1. Perancangan Sistem Informasi

Perancangan sistem informasi adalah mengidentifikasi misalnya kebutuhan informasi sebagai kepentingan interen dan eksteren. Selain kebutuhan informasi ada juga rancangan dan pengembangan sistem yang sesuai dengan prosedur. Sistem informasi akuntansi sangat berkaitan dengan prancangan sistem informasi. Sama-sama mendukung dalam proses berjalannya operasi perusahan.

  1. Audit Interen

Audit interen adalah pengawasan dilakukan auditor interen perusahaan. Di dalam peusahaan besar biasanya memiliki interen perusahaan. Tugas dari interen perusahaan adalah mengevaluasi sistem informasi akuntansi didalamnya. Tetapi tujuan utamanya adalah memanajeman dan memperbaiki efesiensi operasi yang menjamin karyawan bagian tersebut melaksanakan prosedur yang benar.

Bagaimana? Sudah paham tentang bidang-bidang akuntansi? Semoga artikel ini sangat membantu dan bermanfaat yaa untuk kita semua. Kunjungi terus pelajarindo.com agar banyak wawasan yang kita dapatkan.

4 thoughts on “Bidang-Bidang Akuntansi | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *