Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Pelajar

Pengertian Pelajar – Pada postingan pertama ini Pelajarindo.com akan membahas mengenai pengertian pelajar. Mengapa membahas pengertian pelajar? Nah sesuai dengan alamat website ini, yaitu pelajarindo.com yang sebenarnya adalah kepanjangan dari Pelajar Indonesia. Website Pelajarindo.com ini diharapkan dapat menajadi suatu website yang dapat dijadikan sebagai salah satu pusat belajar para pelajar Indonesia. Baiklah langsung aja kita bahas pengertian pelajar.

Pengertian Pelajar

Sebutan “Pelajar” diberikan kepada peserta didik yang mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuannya. Secara umum, pelajar merupakan individu-individu yang ikut serta dalam proses belajar. Sedangkan, dalam arti sempit pelajar adalah peserta didik.

Mengapa disebut sebagai pelajar? Karena mereka mengikuti pembelajaran dalam pendidikan formal, yakni pendidikan di sekolah. Melalui pendidikan formal inilah pelajar diajarkan dan belajar berbagai macam ilmu pengetahuan, seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Agama, Bahasa, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut, diharapkan pelajar mampu mengembangkan dirinya baik secara emosional, social, bahasa, intelektual, moral maupun kepribadiannya agar lebih ke arah yang lebih positif agar nantinya dapat membangun dan memajukan bangsa dan negara serta agama. Perkembangan yang dialami oleh setiap pelajar berbeda-beda. Tergantung pada proses belajar yang ia peroleh. Perkembangan pada diri pelajar yang baik adalah perkembangan yang menuju pada hal-hal yang positif. Akan tetapi, beberapa pelajar justru menunjukkan perkembangan ke arah yang negatif, sebagai contoh adalah aksi premanisme yang dilakukan oleh pelajar dan pergaulan bebas seperti yang sering kita lihat sekarang. Dan yang sedang trend atau popular sekarang sering disebut dengan Kids Jaman Now.

Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli yang telah mengemukakan pendapatnya tentang pengertian pelajar. Adapun pengertian pelajar menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Sinolungan (1997), mengemukakan bahwa pengertian pelajar secara luas adalah setiap orang yang terlibat dengan proses pendidikan untuk memperoleh pengetahuan sepanjang hidupnya. Sedangkan dalam arti sempit, pengertian pelajar adalah setiap siswa yang belajar di sekolah.
  • Menurut Nasution, belajar merupakan suatu kegiatan untuk menambah dan mengumpulkan sejumlah ilmu pengetahuan. Pelajar adalah orang yang melakukannya atau pelakunya.
  • Menurut Sudjana, mengemukakan bahwa pengertian belajar adalah setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja agar tercipta suatu kegiatan edukatif yang terjalin antara pengajar (pendidik) dengan pelajar (peserta didik). Pelajar pada dasarnya diartikan sebagai pengguna dari jasa yang diberikan oleh pendidik atau pengajar tersebut.

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pelajar adalah individu yang ikut dalam kegiatan belajar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Pelajar merupakan aset yang sangat penting bagi suatu negara. Karena generasi penerus banga yang diharapkan adalah pelajar yang nantinya dapat menjadi individu yang dapat memajukan agama, bangsa dan negara. Selain itu, pelajaryang diharapkan adalah generasi yang nantinya dapat membuat pergaulan sosial juga semakin baik.

Seorang pelajar yang baik harus mampu menempatkan dirinya dengan baik di lingkungan masyarakat. Karena sebagai seorang peserta didik, pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolehnya atau dipelajarinya harus dapat menunjukkan bahwa dirinya lebih baik dibandingkan yang lain. Hal inilah yang menuntut agar pelajar dapat berperilaku sopan dan memiliki sifat-sifat yang baik yang nantinya dapat ditiru atau dicontoh oleh masyarakat yang berpendidikan rendah ataupun yang tidak berpendidikan.

Sifat-Sifat Umum Pelajar

Masalah yang berhubungan dengan pelajar sangatlah bermacam-macam. Berbagai macam permasalahan tersebutlah yang menyebabkan munculnya berbagai upaya-upaya dalam memahami bagaimana dan apa yang diinginkan oleh pelajar tersebut. Setiap pelajar peserta didik memiliki sifat-sifat umum antara lain:

  • Seorang pelajar tidak ingin menjadi miniature atau boneka orang dewasa. J.J. Rousseau mengungkapkan bahwa pelajar adalah seseorang yang memiliki dunianya sendiri dan bukan boneka atau miniatur yang dimiliki atau diatur oleh orang dewasa
  • Setiap pelajar memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, seperti kebutuhan kasih sayang, biologi, realisasi, rasa aman dan harga diri.
  • Setiap pelajar memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda.

Kualitas pendidikan antara daerah yang satu dengan daerah yang lain di Indonesia tentu berbeda-beda. Kualitas pendidikan yang baik pada umumnya akan diperoleh di daerah perkotaan karena memiliki berbagai macam fasilitas dan teknologi yang mendukung dalam dunia Pendidikan. Berbeda halnya di daerah perkampungan atau daerah yang jauh dari perkotaan, kebutuhan akan fasilitas Pendidikan sangatlah kurang tercukupi sehingga kualitas Pendidikan yang dihasilkan pun dirasa kurang memuaskan. Akan tetapi, yang membedakan adalah semangat yang dimiliki oleh pelajar di daerah tersebut. Di daerah terpencil semangat belajar yang dimiliki pelajar sangatlah besar dibandingkan dengan pelajar diperkotaan. Sebagai contoh kecil, menempuh perjalanan yang jauh adalah hal yang sering dialami oleh pelajar di daerah terpencil. dan tidak hanya itu saja, terkadang mereka pun harus menyeberangi sungai agar dapat sampai di sekolah. Perjuangan seperti itulah yang patut kita contoh dan hargai.

Baiklah sekian pembahasan dari Pelajarindo.com mengenai pengertian pelajar. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memiliki manfaat untuk anda. Kunjungi Pelajarindo.com dan baca artikel-artikel Pendidikan menarik lainnya yang mungkin anda belum ketahui.

Salam Pelajar Indonesia. Berjuanglah dan buatlah negara Indonesia ini menjadi negara yang besar dan maju.

7 thoughts on “Pengertian Pelajar Menurut Para Ahli | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *