9 Unsur-Unsur dalam Musik dan Lagu Beserta Penjelasannya

Posted on 31 views
No ratings yet.

Unsur-Unsur dalam Musik – Musik adalah audio yang bisa kita dengarkan setiap harinya. Jenis musik ada banyak sekali misalnya jass, pop, rock, R&B, klasik, dangdut dan masik banyak lagi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian seni musik, kali ini kita akan membahas mengenai unsur-unsur dalam musik, simak penjalelasan berikut.

PENGERTIAN SENI MUSIK | Unsur, Jenis, Fungsi

Unsur-Unsur dalam Musik

Berikut ini adalah 9 unsur-unsur dalam musik yang harus kalian ketahui antara lain:

1.      Notasi Musik

Notasi musik adalah bunyi atau nada yang menghasilkan suara tinggi dan rendah. Nada tidak dapat di tulis tetapi di dengar dan di perdengarkan, untuk menulis notasi musik adapat menggunakan angka dan notasi balok. Jenis notasi ini ada dua macam yaitu nitasi angka dan nitasi balok berikut penjelasannya:

a)      Notasi Angka

Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan symbol angka-angka. Angka yang di pakai adalah 1 (do), 2 (re), 3 (me), 4 (fa), 5 (sol), 6 (la), 7 (si) dan 0 sebagai nada diam.

b)      Notasi Balok

Notasi balok adalah symbol atau tanda yang di gunakan untuk tinggi dan rendahnya nada yang di wujudkan oleh gambar. Notasi balok disebut juga dengan notasi mutlak karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap (a = 440 Hz).

Lebih jelasnaya kalian bisa buka link di bawah ini untuk membahas lebih lengkap mengenai notasi balok.

PENGERTIAN NOTASI BALOK | Cara Penulisan Notasi Balok

2.      Tanda Kunci

Tanda kunci digunakan pada garis paranada untuk menunjukkan letak titiknada. Ada 3 macam tanda kunci yaitu kunci G (kunci biola), kunci C (kunci Alto) dan kunci F. berikut penjelasannya:

a)      Kunci G

Kunci G adalah kunci yang bisa di pakai untuk biola, menunjukkan nada G pada garis kedua dari paranada. Keistimewaan dari kunci ini adalah bisa di pakai nada-nada tinggi.

b)      Kunci C

Dalam praktik musik, kunci ini jarang di pakai, kunci C di pakai oleh alat musik misalnya gitar dan alat musik lainnya.

c)       Kunci F

Kunci F adalah tanda menunjukkan nada F pada garis keempat dari paranada. Kunci ini biasanya di gunakan untuk menuliskan nada-nada rendah.

3.      Melodi

Melodi adalah rangkaian jumlah nada atau bunyi berdasarkan pembagian tinggi rendah dan cepat lambat. Melodi akan tercipta jika semua nada dan bunyi di gabungkan menjadi satu dalam satuan nada yang selaras dan terdengar sangat enak di telinga. Dalam musik atau lagu bunyi melodi pasti berbeda-beda. Melodi akan di sesuaikan dengan jendre atau jenis musiknya.

4.      Ritme

Ritme adalah irama gerak teratur karena muncul aksen secara teratur dan tetap. Keindahan ritme akan terdengar dan terasa jika jalinan perbedaan nilai satuan satuan bunyi. Ritme merupakan aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti beberapa variasi gerak melodi. Jika ingin merasakan dan mendengarkan ritme dalam mendengarkan lagu berulang-ulang.

5.      Harmoni

Harmoni adalah keselarasan bunyi. Keselarasan bunyi dapat di lihat dari susunan, peranan, dan sebuah paduan bunyi dengan bentuk yang keseluruhan. Ada dua elemen yaitu interval dan akor. Akor adalah  susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan menghasilkan harmonis.

3.      Tempo

Tempo adalah lambat cepatnya sebuah lagu atau musik. Ukuran lagu akan menentukan tempo dan beat dalam sebuah lagu, ketukan dasar menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Untuk menghitungnya misalnya dalam sebuah lagu memiliki beat MM 70, artinya dalam satu menit terdapat 70 ketukan dan dalam satu ketukan di nyatakan dalam nitasi seperempat.

Lebih jelasnya kalian bisa klik link dibawah ini untuk mengetahui informasi Tempo lebih jelas lagi.

Pengertian Tempo | Tanda Lambat, Sedang, Cepat & Perubahan

4.      Dinamik

Dinamik adalah keras lembutnya nada.

5.      Tangga Nada

Tangga nada adalah urutan nada yang di susun secara berjenjang yaitu do re mi fa sol la si do. Ada dua macam tangga nada yaitu tangga diatonis mayor dan tangga nada diatonis minor.

Lebih jelasnya kalian bisa klik link dibawah ini untuk mengetahui informasi tangga nada lebih jelas lagi.

PENGERTIAN TANGGA NADA | Diatonis, Pentatonis, Mayor, Minor

6.      Ekspresi

Lagu atau musik dapat di bawakan menggunakan ekspresi. Ekspresi juga sangat penting dalam membawakan musik. Musik disampaikan akan berhasil jika dengan perasaan dan ekspresi sesuai dengan musiknya.

Berikut ini adalah link 15 jenis tanda ekspresi dalam bernyanyi.

Pengertian Ekspresi Saat Bernyanyi | 15 Tanda Ekspresi

Baca Juga:

Pengertian Musik Tradisional | jenis musik tradisional

ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *