TENAGA ENDOGEN DAN EKSOGEN | Pengertian dan Contohnya

Posted on 53 views
No ratings yet.

Tenaga Endogen Dan Eksogen – Kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng benua yaitu lempeng Australia, Eurasia dan pasifik. Sehingga Indoneisa kerap terjadi pergeseran lempeng yang bisa di sebut gempa bumi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai lipatan. Kali ini kita akan membahas mengenai Tenaga endogen dan eksogen yang masih ada hubungannya dengan lempeng bumi, simak penjelasan berikut ini.

PENGERTIAN LIPATAN | 6 Jenis-Jenis Lipatan

Pengertian Tenaga Endogen

Pengertian tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun. Suatu daerah memiliki permukaan berbeda, awal mulanya rata kemudian akibat tenaga endogen menjadi pegunungan, lembah dan bentuk lainnya.

Contoh Tenaga Endogen

Berikut ini adalah beberapa contoh tenaga endogen antara lain:

1.      Lipatan

Lipatan adalah dua lempeng bertabrakan sehingga lempeng bergerak dan berpindah posisi. Jika tabrakannya keras bisa mengakibatkan gempa bumi. Contoh lipatan adalah pegunungan lipatan Himalaya. Lebih jelasanya kalian bisa baca artikel mengenai lipatan.

PENGERTIAN LIPATAN | 6 Jenis-Jenis Lipatan

2.      Patahan

Patahan adalah tekanan dalam bumi yang bisa mengakibatkan lempeng patah dan kerak bumi akan retak dan bergeser. Patahan yang turun di sebut graben (slenk) dan yang terangkat disebut horsh. Kalian bisa baca lebih lanjut mengenai patahan.

PENGERTIAN Patahan | Jenis-Jenis Patahan

Pengertian Tenaga Eksogen

Pengertian tenaga endogen adalah tenaga berasal dari luar bumi yang memberntuk wajah/permukaan bumi. Bentuk permukaan bumi ada yang menonjol misalnya bukit, gunung sedangkan lembah seperti laut atau dataran rendah. Tenaga endogen mengalami tekanan, dorongan, lipatan, dan patahan sehingga membentuk permukaan bumi yang tidak datar. Tenaga endogen bersifat membangun, sedangkan eksogen bersifat merusak.

Contoh Tenaga Endogen

Berikut ini adalah beberapa contoh tenaga endogen antara lain:

1.      Kepulauan

Kepulauan adalah akibat tenaga endogen pengelupasan dan penghancuran kulit bumi. Kepualauan berbeda-beda tergantung dengan konsidi alam sekitar dan daerahnya. Termasuk suhu, suhu juga memperngaruhi. Selain itu air, kelembapan, pelapukan dapat mencapai 100 m. untuk daerah subtropics hanya beberapa meter.

2.      Erosi

Erosi juga di akibatkan oleh tenaga endogen. Erosi adalah peroses pengikisan material tanah atau batuan oleh tenaga erosi. Selain air, erosi juga di akibatkan oleh angin, gelombang, dan salju. Namun erosi juga berupa merusak dan menurunkan permukaan bumi. Gerakan dari tenaga erosi adapat menimbulkan gesekan terhadap tanah dan batuan yang dilaluinya. Gesekan akan semakin besar jika kecepatan dan jumlah tenaga erosi semakin besar. Beberapa tenaga erosi sebagai berikut.

3.      Batuan

Batuan sangat bermanfaat bagi manusia misalnya untuk membangun rumah, Gedung, jembatan dan lainnya. Banyak sekali jenis batuan nanti kita akan bahas di pertemuan selanjutnya beserta jenis-jenis batu. Batuan terbentuk juga pengaruh dari tenaga endogen yang terdorong ke atas permukaan.

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *