TEKNIK PLAKAT | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Posted on 109 views
No ratings yet.

Teknik Plakat – Lukisan adalah karya seni rupa dua dimensi yang sangat popular hingga saat ini. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teknik pointilis, Teknik kolase, Teknik Arsir, teknik aquarel dan teknik perspektif. Kali ini kita akan membahas mengenai Teknik aquarel, simak penjelasan berikut ini.

TEKNIK AQUAREL | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Pengertian Teknik Plakat

Pengertian Teknik plakat adalah Teknik yang digunakan untuk melukis menggunakan bahan cat air atau cat poster. Berbeda dengan aquarel, Teknik ini menggunakan warna yang tebal dan pekat sehingga lukisan tampak lebih tajam.

Teknik plakat membutuhkan keterampilan untuk membuat gambar ini. Menggambar menggunakan kuas tidak seperti menggambar menggunakan pensil. Karena Teknik aquarel mempunyai kesulitan tersendiri. Alat yang di gunakan untuk Teknik ini adalah cat air dan cat minyak.

Teknik plakat

Berikut ini adalah Teknik plakat antara lain:

  1. Membuat seketsa terlebih dahulu. Seketsa bias di lakukan dengan foto atau gambar objek.
  2. Basahi kertas dengan air secukupnya, jangan terlalu basah dan jangan terlalu kesing.
  3. Mewarnai, tahap mewarnai bias dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri atau atas ke bawah tergantung objek. Jangan menyapu kuas menyilang karna akan merusak kertas. Sesuaikan gambar dengan foto atau sketsa yang sudah dibuat.
  4. Pemberian cat perlu di perhatikan agar warna lebih keluar
  5. Sentuhan terakhir adalah mengangin-anginkan kertas atau kanvas agar kering. Namun jangan di jemur di sinar matahari langsung.

Gambar Plakat

Berikut ini adalah beberapa gambar plakat antara lain:

 

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *