Teknik Perspektif | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Posted on 392 views
No ratings yet.

Teknik Perspektif – perspektif adalah Teknik menggamabr dengan mengambil sudut pandang objek. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teknik pointilis, Teknik kolase, Teknik Arsir dan linear. Kali ini kita akan membahas mengenai Teknik Perspektif, simak penjelasan berikut ini.

TEKNIK POINTILIS | Pengertian, Ciri-Ciri, Teknik, Gambar

Pengertian Teknik Perspektif

Pengertian Teknik perspektif adalah Teknik yang digunakan untuk melihat sudut pandang objek pada saat menggambar suatau objek. Sehingga sudut pandang ini yang di sebut dengan perspektif. Setiap orang mempunyai sudut pandang yang berbeda ketika melihat suatu objek.

Hal ini mengakibatkan gagasan utama dalam gambar perspektif adalah sejauh mata memandang suatu objek tersebut. Teknik menggambar perpekstif sendiri biasanya menggunakan garis-garis yang diletakkan secara horizon, letak benda dan jumlah titik hilang. sehingga hasilnya akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata.

Ketika kita melihat Gedung dari arah sudut yang berbeda kemudian menggambar Gedung tersebut tentu akan berbeda hasilnya.

Teknik Perspektif

Berikut ini adalah beberapa Teknik perspektif menggambar simak penjelasan berkut ini:

1.      Satu Titik Hilang

Perhatikan gambar di atas, gambar ini menempatkan satu titik hilang di tengah. Gambar dari depan besar kemudian mengecil dan terus mengecil kea rah satu titik hilang. Titik tersebut adalah pusatnya, dan gambar tersebut di lihat dari arah depan menuju ke kanan.

2.      Dua Titik Hilang

Gambar di atas menunjukkan dua titik hilang sebalah kiri dan kanan. Namun gambar tersebut berbeda dari sisi kanan dan kiri. Bias di pastikan bahwa si panggambar melihat dari sudut persimpangan jalan dan melihat kedua jalannya. Tarikan dari kedua titik akan menjadi titik temu.

3.      Tiga Titik Hilang

Tiga titik hilang adalah seolah-olah objek tampak dari atas mirip gambar pada CCTV yang di letakkan di atas bangunan. Dimensi objek akan lebih luas lagi, atau objek yang ada di bawahnya terlihat real seolah-olah benar ada dibawahnya.

Gambar Perspektif

Berikut ini adalah beberapa gambar perspektif antara lain:

   

 

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *