7 TEKNIK MENGGAMBAR BENTUK | Gambar dan Penjelasan

Posted on 369 views
No ratings yet.

Teknik Menggambar Bentuk – Menggambar karya seni objek sering kali disebut dengan benda atau model. Objek gambar adalah benda yang di tiru sebagai contoh gambar. Sebelumnya kita sudah membahas pengertian naturalisme, realisme, kubisme dan surialisme. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai 7 teknik menggambar bentuk, simak penjelasan berikut.

5 PRINSIP MENGGAMBAR BENTUK | Penjelasan Lengkap

Teknik Menggambar Bentuk

Menggambar adalah kegiatan manusia yang melibatkan penghilatan dan keahlisan tangan. Kooardinasi yang baik antara penglihatan dengan keahlian tangan dapat menghasilkan karya seni yang baik. Seni rupa sering di sebut gagaran manusia yang di ekspresikan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang yang di tata sedemikan rupa.

Menggambar dengan objek benda hendaknya di buat dengan seobjektif mungkin. Gambar yang di hasilkan bisa berupa real seperti keadaan objek atau bentuk imajinasi penggambarnya.

Berikut ini adalah Teknik menggambar bentuk antara lain:

1.      Linier

Linier adalah Teknik meggambar yang menggunakan garis sebagai penyusun/isi. Teknik ini adalah Teknik yang menentukan gelap terang baik menggunakan garis lurus maupun lengkung. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

TEKNIK LINIER | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

2.      Blok

Teknik blog adalah Teknik yang menggunakan satu warna pada suatu objek. Warna yang digunakan akan ngeblok semua objek. Biasanya warna yang digunakan adalah hitam atau abu-abu gelap. Gambar ini tidak memiliki bayangan atau gelap terang. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

3.      Arsir

Teknik arsir adalah Teknik yang paling mendasar dalam menggambar. Arsir merupakan Teknik yang menentukan gelap terang. Memberikan kesan gelap dapat memberikan arsiran tebal, sedangkan memberikan kesan terang berikan arsiran tipis atau tidak sama sekali. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

4 TEKNIK ARSIR | Pengertian, Cara Membuat, Gambar

4.      Dussel

Dussel adalah Teknik gosok yang di ciptakan dengan memberikan arsiran kemudian di gosok berkali-kali untuk memberikan gradasi sesuai. Hasil gambar akan terlihat halus dan natural. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

TEKNIK DUSSEL | Pengertian, Cara Membuat, Gambar

5.      Pointilis

Pointilis adalah Teknik menggambar yang menggunakan titik. Untuk memberikan kesan gelap perlu ratusan bahkan ribuan titik-titik. Sedangkan terang akan terlihat jarang atau tidak sama sekali. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

TEKNIK POINTILIS | Pengertian, Ciri-Ciri, Teknik, Gambar

6.      Aquarel

Aquarel adalah Teknik menggambar menggunakan sapuan kuas yang tipis agar terlihat transparan dan tembus pandang. Alat yang di gunakan untuk menggambar dengan Teknik aquarel adalah cat minyak atau cat air namun pada bidang kertas perlu di basahi dengan air. Sehingga hasil lukisan akan melebar secara natural. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

TEKNIK AQUAREL | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

7.      plakat

Teknik plakat adalah Teknik yang menggunakan cat air atau minyak namun penggunaannya pekat dan tebal. Lukisan ini tampak pekat dengan gelap dan warna yang terang. Lebih jelasnya kalian bisa klik link di bawah ini.

TEKNIK PLAKAT | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Baca Juga:

Pengertian Surealisme, Contoh, Penjelasan Lengkap – Pelajarindo

Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

PENGERTIAN LUKISAN ABSTRAK | Contoh dan Penjelasan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *