TEKNIK LINIER | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Posted on 145 views
No ratings yet.

Teknik linier – Lukisan adalah karya seni rupa dua dimensi yang sangat popular hingga saat ini. Teknik linier tidak akan terlepas dari garis. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teknik pointilis, Teknik kolase, Teknik Arsir, teknik plakat, dan teknik perspektif. Kali ini kita akan membahas mengenai Teknik aquarel, simak penjelasan berikut ini.

TEKNIK PLAKAT | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Pengertian Teknik Linier

Pengertian Teknik linier adalah Teknik menggambar garis sejajar pada sebuah objek. Teknik ini hamper sama dengan arsir, kadang ada juga yang menyebutnya arsir.

Linier akan membuat garis-garis lurus dan melengkung dengan ketebalan disesuaikan. Jika ingin memberikan kesan gelap maka garisnya akan tebal sedangkan untuk memberikan kesan terang garisnya titis. Teknik ini bias digunakan untuk pemula dalam mulai belajar menggambar.

Menggambar menggunakan pensil akan lebih mudah di bandingkan dengan kuas, sehingga ini cocok untuk mulai menggambar. Objek yang di gunakan juga tidak begitu rumit misalnya objek peralatan dapur.

Teknik Linier

Perhatikan gambar segelas kopi dan roti di atas. Gambar tersebut menggunakan Teknik linier yang di gambar dengan garis lurus ke samping dari kiri ke kanan. Untuk bayangan bawanya menggunakan Teknik arsir silang. Memberikan kesan gelap cukup pertebal garisnya saja, begitu sebaiknya jika ingin terang berikan garis titis.

Teknik linier digunakan untuk menggambar misalnya alis, rambut, bulu mata, bulu hewan dan masih banyak lagi. Gambar yang di hasilkan akan terlihat natural. Namun untuk membuat dekoratif juga cocok.

Gambar Linier

Berikut ini adalah gambar linier dengan tekniknya antara lain:

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *