TEKNIK KOLASE | Pengertian, Unsur, Cara Buat, Gambar

Posted on 671 views
No ratings yet.

Teknik Kolase – Kolase tidak akan di pisahkan dari banyak barang. Kalian ingin menerapkan Teknik kolase menggunakan barang-barang bekas? Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teknik dussel, Teknik arsir, dan linear. Kali ini kita akan membahas mengenai Teknik kolase, simak penjelasan berikut ini.

Teknik Melukis | Gagasan, Alat, Bahan, Teknik, Sketsa

Pengertian Teknik Kolase

Pengertian Teknik kolase adalah kumpulan dari berbagai bahan misalnya kain, kaca, logam, kayu, barang bekas, biji-bijian dan kertas yang di kumpulkan dan ditempelkan sedemikian rupa pada permukaan gambar. Kolase adalah seni rupa dua dimensi yang memadukan beberapa bahan yang di anggap unik dan memiliki seni.

Teknik kolase adalah Teknik yang lebih bebas dalam mengekspresikan semua bentuk pikiran pembuatnya. Pembuatan kolase lebih tidak ada objek dengan bentuk real, melainkan pemikiran dan kreasi masing-masing.

Membuat kolase antar orang akan berbeda-beda walaupun bahan nya sama. Karena setiap orang akan berbeda dalam menempel dan memilih bahannya secara random atau acak.

Teknik kolase biasanya memanfaatkan barang-barang bekas sebagai kreasi. Barang bekas akan di sulap menjadi seni karya yang unik.

Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik dan Bahan yang Digunakan

Unsur-unsur Teknik Kolase

Walaupun Teknik kolase bebas dalam pembuatannya, ada unsur-unsur yang di gunakan sebagai panduan membuat kolase. Berikut ini adalah unsur-unsur Teknik kolase antara lain:

1.      Titik dan Bintik

Titik adalah unsur Teknik kolase yang tidak memiliki lebar dan Panjang. Unsur ini bisa menggunakan pasir atau biji-bijian yang sangat kecil.

2.      Garis

Garis adalah Panjang yang mempunyai ukuran. Objek ini bisa menggunakan lidi, kawat, katu kecil, korek dan masih banyak lagi. Namun garis juga ada yang lurus dan lengukung.

3.      Bidang

Bidang adalah pertemuan antara beberapa garis. Bidang bisa menggunakan daun-daunan, kayu, kertas dan lainnya. Bidang bisa di buat vertical dan horizontal sebagai pemanis gambar kolase.

4.      Warna

Warna adalah unsur yang sangat penting bagi Teknik kolase. Karena warna menentukan keindahan suatu karya. Warna bisa di hasilkan dari pita warna-warni, renda-renda, kertas warna-warni dan masih banyak lagi.

Teknik Kolase

Berikut ini adlaah cara membuat karya seni dengan Teknik kolase :

1.      Menggunakan Biji-bijian

Kalian bisa menyiapkan beberapa biji-bijian misalnya jagung, kacang hijau, beras dan biji salak. Kamudian kalian siapkan beberapa gambar misalnya burung, doraemon, hellokitty, kucing, anjing, kambing atau gambar lainnya. Pada setiap bidang kalian bisa tempelkan biji-bijian tersebut menggunakan lem aibon. Penempelan dengan rapat agar hasilnya bagus dan rapi.

2.      Menggunakan Daun-daunan

Kalian perlu siapkan daun-daunan yang berwarna berbeda. Misalnya daun yang masih muda, daun yang sudah agak tua, dan daun yang tua. Pasti ada daun dengan gradasi warna yang nantinya bisa kita buat menjadi bidang-bidang. Kemudian gunting daun dengan bentuk misalnya persegi atau segitiga, tidak beraturan juga tidak papa. Selanjutnya siapkan gambar misalnya gajah, sapi, atau kerbau. Kalian bisa langsung berikan lem dan tempel daun-daun yang sudah di guntung tadi.

Gambar Kolase

 

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

4 thoughts on “TEKNIK KOLASE | Pengertian, Unsur, Cara Buat, Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *