TEKNIK DUSSEL | Pengertian, Cara Membuat, Gambar

Posted on

Teknik dussel – Teknik ini adalah Teknik bayangan. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Teknik pointilis, Teknik kolase, Teknik Arsir dan linear. Kali ini kita akan membahas mengenai Teknik dussel, simak penjelasan berikut ini.

4 TEKNIK ARSIR | Pengertian, Cara Membuat, Gambar

Pengertian Teknik Dussel

Pengertian Teknik dussel adalah Teknik gosok yang di lakukan berulang laki sampai menciptakan gradasi atau bayangan yang sesuai. Gambar yang di hasilkan menggunakan Teknik ini sangat halus.

Cara yang simple dan mudahnya adalah menggambar menggunakan pensil kemudian  arsirannya di gosok dengan jari dengan searah sehingga nantinya akan menghasilkan corak yang halus. Jika ingin membuat bayangan yang gelap dapat melakukan berulang kali. Caranya lakukan pembuatan arsiran garis kemudian di gosok, ulangi kembali sampai dapatkan warna gelap yang kamu mau. Jika ingin mendapatkan gradasi warna yang terang kalian cukup membuat garisnya titis kemudian di gosok menggunakan jari.

Teknik ini cukup memerlukan waktu yang sedikit lama karena dilakukan berkali-kali. Tidak sekali gosok selesai, tetapi dapat di lakukan berulang kali dan tidak gampang. Gambar yang di hasilkan akan tampak professional. Pensil yang di gunakan untuk menggambar ini adalah pensil yang lunak misalnya 2B atau 3B.

Teknik Melukis | Gagasan, Alat, Bahan, Teknik, Sketsa

Teknik Dussel

Teknik dusel ada dua macam berikut pembahasannya:

Teknik 1

Perhatikan gambar di atas, sapuan warna sangat halus dari pensil di bagian bibir. Sapuan arsir dengan searah kemudian di gosok tipis. Menggosokkan garis gambar utama ke arah dalam sehingga garis utama itu akan kabur dan dibagian tepi garis tersebut akan berwarna halus. Ketebalan dapat di buat dengan mengulangi tekniknya.

Teknik 2

Gambar di atas adalah gambar wajah dengan Teknik dussel atau gosok. Hasil gambarnya sangat halus dan terlihat gelap terang secara mencolok tetapi tetap halus. Pada gambar di atas terlihat lebih jelas mengenai hasil gosokan garis utama atau garis arsiran. Sehingga gelap terang sangat menonjol di bagian luar dan dalam. Teknik ini tergolong sulit, namun kalian bisa teteap mempelajari dengan objek yang labih mudah.

Gambar Dussel

Berikut ini adalah beberapa gambar dengan teknik dussel:

   

Baca Juga:

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Related posts: