Teknik  Animasi yang Perlu Diingat | pelajarindo.com

Posted on 34 views
No ratings yet.

Teknik AnimasiHallo Assalamualaikum Wr.Wb. Animasi  adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan. Menurut Ibiz Fernandes.

1.      Teknik Animasi

Pengertian Animasi Frame by Frame | pelajarindo.com

Didalam teknik animasi ada dua jenis teknik yaitu :

a.      Teknik Animasi Frame by Frame

Teknik animasi frame by frame yaitu suatu teknik animsi yang dalam bentuk gambar yang menjadikan gambar tersebut begerah pada setiap frame. Namun tekik ini memiliki kelemahan yaitu :

  • membuat file akan menjadi lebih besar
  • Aka menggunakan banyak waktu jika membuat image yang berbeda pada setia frame

b.      Teknik Animasi Twening

Teknik animasi twening adalah teknik animasi yang dalam proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir, yang kemudian di beri teknik frame tertentu. Teknik ini mempunyai kelebihan yaitu :

  • Mempersingkat waktu kerja
  • Mengurangi ukuran file

2.      Animasi Tradisional

Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secara mandiri. Lalu mengapa dinamakan animasi tradisional? Karena teknik animasi inila yang digunakan kaetika animsai pertama kali dikembangkan.

Gambar 1.3 Contoh gerakan animasi tradisional

Contoh film animasi tradisional adalah Pinocchio, Animal Farm, Akira. sedangkan animasi tradisional dengan bantuan teknologi antara lain : The Lion King, Beaity and The Beast, Snow White & Seven Dwarf, Cinderella, Aladdin, Bambi dan masih banyak lagi lainnya.

Gambar 1.1 Animasi Cinderela
Gambar 1.2 Animasi Pinokio

3.      Jenis Animasi Tradisional

Jenis-jenis animasi tradisional terdiri dari beberapa yaitu sebagai berikut :

Zoetrope

Zoetrope adalah perangkat yang menciptakan citra gambar gerak. penemu zoetrope dari di china yaitu Ting Huan

Lentera Ajaib

Lentera Ajaib adalah pendahulu dari proyektor modern. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini dari cina pada abad ke-16. Bbeberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian yang bisa digeraka secara mekanis.

Thaumatrope

Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda disetiap sisi yang melekat pada seutas tali melalui pusat.

Phenakistoscope

Phenakistoscope merupakan perangkat animasi awal, pendahulu dari zoetrope. jenis animasi ini ditemukan oleh Eadweard Muybridge (1893).

Buku Flip

Buku flip adalah sebuah buku flip dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan tinggu yang menciptakan efek gerak.

Praxinoscope

Praxinoscope ditemukan oleh ilmuwan prancis Charles-Emile Reynaud. Munggunakan mekanismen dasar yang sama yaitu strip gambar ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, namun melihatnya bukan dari celah.  Reynaud Juga mengembangkan versi yang lebih besar dari praxinoscope yaitu Optique Theatre.

4.      Cara Kerja Animasi Tradisional

Animasi Sel/Cel Technique yaitu dasar film animasi kartun (Cartoon animation). Figur animasi di gambar sendiri-sendiri di atas sel untuk tiap perubahangambar yang bergerak, untuk bagian yang diam,yaitu latar belakang (background), dibuat untuk tiap adegan, yang dibuat memanjang lebih besar daripada lembaran sel. Teknik ini ditemukan oleh Earl Hurd, dan dipatenkan pada tahun 1914.

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

Sumber Animasi 2 Diemensi

Penulis  : Siswati, S.Kom., M.T

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2007

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Teknik  Animasi yang Perlu Diingat | pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *