Suatu Argumen Dinyatakan Valid Jika – Pelajarindo

Posted on

Suatu Argumen Dinyatakan Valid Jika argument adalah rangkaian kalimat yang memiliki kesimpulan atau hipotesa. Pada kali ini pelajarindo akan membahas mengenai argument dinyatakan valit. Simak penjelasannya agar anda mengerti.

Pengertian Argumen

Pengertian argumen adalah rangkaian kalimat-kalimat, kalimat terakhir di sebut hipotesa atau dugaan dan di akhiri dengan kesimpulan. bukan hanya di logika informatika, materi ini juga dapat di terapkan pada kehidupan. sehingga kita tidak menarik kesimpulan tanpa memikirkan permasalahannya.

Hipotesa

Perhatikan gambar di atas, gambar tersebut tampak ada beberapa hipotesa dan akhirnya menemukan kesimpulan. Selain logika informatika materi agrumen dinyatakan valit juga bisa di terapkan di kehidupan sehari-hari. Sehingga tidak langsung menarik kesimpulan, tetapi pahami terlebih dahulu yang hipotesanya.

Suatu Argumen Dinyatakan Valid Jika

Suatu Argumen dikatakan Valid apabila untuk sembarang pernyataan yang disubstitusikan kedalam hipotesa, jika semua hipotesa tersebut benar, maka kesimpulan juga benar.

Sebaliknya, meskipun semua hipotesa benar tetapi ada kesimpulan yang salah, maka argumen tersebut dikatakan Invalid.

Kalau suatu argumen dan semua hipotesanya bernilai benar, maka kebenaran nilai konklusi dikatakan sebagai “diinferensikan (diturunkan) dari kebenaran hipotesa”

Untuk mengecek apakah suatu argumen merupakan kalimat yang Valid, dapat dilakukan lagkah-langkah sebagai berikut :

  1. Tentukan hipotesa dan kesimpulan kalimat
  2. Buat tabel yang menunjukkan nilai kebenaran untuk semua hipotesa dan kesimpulan
  3. Carilah basis kritis, yaitu baris di mana semua hipotesa bernilai benar
  4. Dalam baris kritis tersebut, jika semua nilai kesimpulan benar, maka argumen itu Valid. Jika diantara baris kritis tersebut ada baris  dengan nilai kesimpulan yang salah, maka argumen tersebut adalah Invalid

Berikut ini adalah contoh mengenai agrumen pada logika informatika:

Contoh Soal Logika Matematika – Tabel Kebenaran, Jawabannya

Metode-metode Inferensi, Contoh, Jawaban – Pelajarindo

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *