RAGAM HIAS BATIK | Gambar Batik dengan Motif Ragam hias

Posted on 35 views
No ratings yet.

Ragam Hias Batik – Gambar Motif batik yang ada di Indonesia sangat banyak sekali, misalnya dari alam. Alam tidak akan pernah kehabisan ide untuk menjadi objek motif gambar. Sebelumnya kita sudah membahas menganai ragam hias fauna. Kali ini kita akan membahas mengenai ragam hias batik. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Ragam Hias Batik

Batik adalah ragam hias yang sangat unik dan indah. Batik merupakan kain yang di wariskan oleh nenek moyang hingga saat ini tidak akan legam karna perkembangan zaman. Seiring perkembangan zaman, batik diolah semakin modern dan unik. Kain nusantara pemersatu bangsa Indonesia ini sangat legendaris, semua orang bisa pakai kain ini mulai dari pelajar, PNS, guru, pejabat bahkan presiden.

Ada beberapa bentuk ragam hias batik yaitu ragam hias batik flora, fauna, geometris dan figuratif. Setiap ragam hias memiliki ciri khas yang berbeda. Kita akan membahas mengenai satu persatu ragam hias batik berikut pembahasannya:

Ragam Hias Batik Flora

Motif batik flora adalah motif yang paling banyak jenisnya. Mulai dari tumbuhan paku-pakuan, bunga, daun-daunan dan masih banyak lagi. Ragam hias batik flora merupakan motif yang paling diminati, karena corak yang dihasilkan terasa adem dan tidak menonjol. Berikut ini beberapa gambar ragam hias batik flora antara lain:

MOTIF BATIK FLORA | 20+ Contoh Batik Bermotif Tumbuhan

   

Ragam Hias Batik Fauna

Ragam hias fauna ada beberapa hewan yang bisa dijadikan motif misalnya gajah, burung, kupu-kupu, ikan dan lainnya. Namun tidak semua jenis binatang bisa menjadi motif batik, hanya hewan-hewan tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh ragam hias batik flora antara lain:

RAGAM HIAS FAUNA | CONTOH GAMBAR DAN PENJELASANNYA

   

Ragam Hias Batik Geometris

Ragam hias batik geometris adalah ragam hias yang berbentuk simetris. Misalnya bentuk-bentuk kubus, balok, segitiga dengan bentuk dan ukuran simateris. Batik ini juga banyak di minati oleh masyarakat karena memiliki corak yang unik. Berikut adalah beberapa gambar ragam hias batik geometris antara lain:

GAMBAR BATIK GEOMETRIS | Ragam Hias Geometris

  

Ragam Hias Batik Figuratif

Ragam hias batik figiratif adalah ragam hias yang berbentuk aktivitas manusia. Aktivitasnya misalnya Bertani, bercocok tanam, bersepeda, atau bentuk-bentuk lainnya. Berikut ini adalah beberapa ragam hias batik figuratif sebagai contoh antara lain:

GAMBAR RAGAM HIAS FIGURATIF | Gambar Motif Ragam Hias

   

Pola ragam hias adalah bentuk atau motif yang tersusun membentuk suatu gambar atau pahatan yang menjadi objek. Banyak susunan pola yang berulang-ulang dengan teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan. Pola yang geometris bisa segi empat, segitiga, zig-zag, garis silang, dan lingkatan.

Bentuk yang bukan geometris adalah bentuk fauna atau flora biasnaya di ulang-ulang atau di susun beraturan atau tidak beraturan tetapi tetap memperhatikan keindahan.

Baca Juga:

MOTIF BATIK | MOTIF YANG WAJIB KALIAN KETAHUI

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *