PROSES PEMBUATAN KAIN TENUN | Pelajarindo

Posted on 97 views
5/5 (1)

Proses Pembuatan Kain Tenun  – Pembuatan kain tenun tidak mudah, harus melalui serangkain proses panjang hingga menjadi kain tenun yang indah dan bermotif. Simak penjelasan berikut ini.

PROSES PEMBUATAN KAIN TENUN

Proses pembuatan kain tenun dari menyiapkan benang hingga memotif benang menjadi gambar yang di inginkan bukan proses yang mudah. Menenun harus sabar dan teliti, karna ribuan benang yang di ayam sedemikian rupa sangat sulit dan sabar.

Harga kain tenun relatif mahal di bandingkan dengan kain batik. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kain tenun lebih rumit di bandingkan dengan membatik. Bahan yang di gunakan pun sangat berbeda antara menenun dan membatik.

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

Proses pembuatan batik ada yang menggunakan teknik cap yang sangat memudahkan, sedangkan menenun tidak ada teknik seperti itu semua teknik menenun adalah manual. Menenun di bantu dengan alat yang bernama ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Alat ini bukan mesin namun alat ini berfungsi membantu menyusun benang dan merekatkan benang dalam proses penenunan.

Kalian tertarik untuk menenun?

Tahapan Proses Pembuatan Kain Tenun

Berikut ini adalah proses pembuatan kain tenun mulai dari pemintalan benang:

1.      Pemintalan Benang

Warna dasar kain tenun adalah putih dari benang putih melalui proses pemintalan benang.

Benang Putih
Benang Putih
Alat Pintal Benang
Hasil Pintal benang

2.      Pembuatan Motif

Setelah pemintalan benang putih tahap selanjutnya adalah pembuatan motif kain. Pembuatan motif ini dilakukan dengan mengikat benang yang sudah di pintal dengan tali rapia dengan sangat kuat. Tali menalinya pun bukan sembarangan, ada pola yang di buat hingga membentuk motif di bantu dengan plastik transparan.

Pembuatan Motif Benang
Proses Pemintalan Benang putih
Plastik Transparan

3.      Pemberian Warna

Setelah pembuatan motif, tali rapia yang di ikat-ikat dengan kuat nanti akan membentuk pola. Setelah di ikat-ikat langkah selanjutnya adalah pewarnaan. Kain benang yang terikat kuat oleh tali rapia tidak akan ikut terwarnai.

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Proses Pencelupan Warna
Hasil Pewarnaan

Setelah pewarnaan langkah selanjutnya adalah membentuk dan mengatur pola. Proses ini sangat penting karena benang di atur sedemikian rupa hingga membentuk pola. Jika ada selip benang yang tidak sesuai maka pola akan berantakan.

Poses Pembentukan Motif
Poses Pembentukan Motif

4.      Proses Menenun

Proses terakhir adalah menenun. Menenun benang menjadi kain tenun yang sesuai dengan motif yang diinginkan. Menenun di bantu oleh alat ATBM.

Proses Menenun
 Proses Menenun
hasil

Baca Juga:

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *