PENGUKURAN | Pengertian, Tabel, Rumus, Contoh Soal

Posted on 75 views
5/5 (1)

Pengukuran – Pengukuran adalah bagian penting dalam pengamatan. Semua segala sesuatu objek dapat di ukur dengan satuannya masing-masing. Kita akan membahas pembahasan yang sangat menarik yaitu pengukuran mulai dari pengertian, rumus, table dan contoh, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Pengukuran

Pengertian pengukuran adalah kegiatan yang berhubungan dengan angka dan dapat di hitung. Mengukur adlaah kegiatan IPA yang paling mendasar. Misalnya kamu akan mendeskripsikan sesuatu pasti kamu akan menyertakan tibggi, lebar, berat, umur, masa dan masih banyak lagi.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan angka di sebut besaran. Mengukur adalah kegiatan yang membadingkan sesuatu besaran yang di ukur dengan sejenis yang di pakai sebagai satuan. Sebagai contoh misalnya kamu mengukur sebuah meja dengan jengkal tangan. Pertama kali kamu harus membandingkan antara jengkal tangan mu dengan meja kira-kira berapa jengkal hasil dari pengukuran penjang meja dengan jengkal.

Candra, Nisa, dan Ilham mengkur sebuah meja berikut adalah hasilnya:

  • Candra 5 Jengkal
  • Nisa 4,5 jengkal
  • Ilham 4 jengkal

Coba jelaskan kenapa hasilnya berbeda?

Pernahkan kamu mendengar satuan baku dalam system internasional (SI)? Mungkin kalian juga pernah dengar centimeter, millimeter, kilogram, dan detik. Ilmuwan menggunakan system ukuran yang di kenal dengan system  metrik. Tahun 1960 sistem metrik digunakan dan diresmikan sebagai system internasional. Penamaan ini berasal dari bahasa Prancis, Le Systeme Internationale d’Unites.

Tabel

Sistem Internasional lebih mudah digunakan karena disusun berdasarkan kelipatan bilangan 10, seperti ditunjukkan pada Tabel 1.1. Penggunaan awalan di depan satuan dasar SI menunjukkan bilangan 10 berpangkat yang dipilih. Misalnya, awalan kilo berarti 103  atau 1.000. Berarti, 1 kilometer berarti 1.000 meter. Contoh lain, pembangkit listrik menghasilkan daya 500 Mwatt yang berarti sama dengan 500.000.000 watt. Jadi, penulisan awalan menyederhanakan angka hasil pengukuran, sehingga mudah dikomunikasikan ke pihak lain. Pengukuran yang baik dan tepat memerlukan alat ukur yang sesuai.

Contoh Soal Pengukuran

Benda-benda langit terletak berjauhan satu dengan lainnya. Satuan yang di gunakan untuk menyatakan jarak benda langit adalah satuan astronimi (SA) dan tahun cahaya.

1 SA       = jarak bumi dan matahari

= 150 juta km

1 tahun cahaya  =jarak tempuh cahaya selama satu tahun

= 9,5 triliyun km

Satuan Astronomi : Jarak pluto dan bumi adalah 5.900 juta km. berapa jarak tersebut dalam satuan astronomi?

Pengertian Supply Chain Management (SCM) Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Besaran dan satuan mikroorganisme

Bakteri memiliki Panjang sampau 10 um. Virus memilki Panjang 100 nm. Berdasarkan data tersebut manakah yang berukuran lebih Panjang antara bakteri dan virus? Coba jelaskan?

Baca Juga:

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Wahono Widodo, Fida Rachmadiarti, dan Siti Nurul Hidayati..

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Sains – Studi dan Pengajaran

Kelas               : VII Semester 1

Tahun              : 2017

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “PENGUKURAN | Pengertian, Tabel, Rumus, Contoh Soal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *