PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI | Struktur, Contoh, Jenis, Ciri

Posted on 28 views
No ratings yet.

Pengertian Teks Eksposisi – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai struktur teks eksposisi,  Contoh teks eksposisi, jenis teks eksposisi, dan Ciri-Ciri teks eksposisi.

Macam-Macam Gaya Bahasa Beserta Contohnya | Pelajarindo.com

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat.

Tujuan utama teks eksposisi untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Teks eksposisi akan menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, bagaimana, kapan dan bagaimana. Sehingga teks ini di berisi informasi selengkap-lengkapnya agar bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi terdiri dari pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan penegasan

  1. Pernyataan pendapat atau bisa di sebut dengan tesis adalah bagian teks yang berisi pernyataan atau pendapat penulis. Bagian ini bisa disebut dengan pembuka.
  2. Argumentasi adalah bagian pembuat alas an yang nantinya bisa menjadi pemerkuat argument penulis. Namun argument ini bisa bersifat menolak dan terima.
  3. Penegasan Ulang Pendapat atau (reiteration), khusus bagian ini berisi penegasan ulang yang sudah di tulis oleh penulis.

Jenis Teks Eksposisi

Jenis teks eksposisi ada beberapa kita akan bahas sebagai berikut ini:

1.      Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi merupakan teks yang menjelaskan sesuatu yang mempunyai sifat yang sama dan menggunakan frasa penghubung. Biasanya teks ini di gunakan untuk penggambaran sederhana atau bentuk yang benar-benar dilihat secara nyata.

2.      Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah teks yang membandingkan dua/lebih kejadian dan barang. Bisa juga perbandingan ide atau gagasan. Pembahasan teks ini sangat menarik jika di ikuti.

3.      Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi proses adalah teks yang berisi penduan atau cara membuat sesuatu. Misalnya tata cara membuat kopi atau memasak mie.

4.      Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi definisi adalah teks yang berisi pengertian suatu objek. Akan berisi semua yang berkaitan dengan objek mulai bentuk, sudut pandang dan lainnya.

5.      Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi pertentangan adalah teks yang berisi pertentangan suatu objek dengan objek lain. Kata yang sering muncul untuk penghubung adalah meskipun begitu, akan tetapi, dan sebaliknya.

6.      Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi analisis berisikan analisis suatu gagasan. Memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian dan melakukan penelitian terhadap gagasa tersebut.

Pengertian Analisis Menurut para Ahli – Pelajarindo

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ada beberapa ciri-ciri teks eksposisi antara lain sebagai berikut:

  1. Singkat, padat dan akurat
  2. Menjelaskan sesuatu
  3. Gaya Bahasa informatif
  4. Gaya Bahasa mengajak
  5. Menjelasakan informasi pengetahuan
  6. Menjelasakan fakta
  7. Menggunakan Bahasa yang baku
  8. Tidak bersifat memihak
  9. Paragraph eksposisi pada umumnya menjawab suatu permasalahan

Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini contoh teks eksposisi antara lain:

Tesis:

17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia. Masyarakat sangat antusias untuk menyambut hari kemerdekaan. Desa Adi luhur mengadakan beberapa lomba untuk memeriahkan. Adapun lomba yang di adakan adalah makan kerupuk, Tarik tambang, sepak bola air, volly ball, bad minton dan melukis.

Argumentasi :

Desa Adi luhur terdiri 6 RK, setiap RK harus mengirimkan minimal 1 tim untuk berpartisipasi memeriahkan acara kemerdekaan. Selain itu ada lomba kebersihan antara RK sehingga masyarakat di himbau untuk memasang pagar, membuat kotak sampah, dan menyapu halaman.

Penegasan Ulang:

Masyarakat Desa Adiluhur sangat antusias untuk menyambut hari kemerdekaan. Mereka menyiapkan beberapa lomba-lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat untuk memeriahkan acara kemerdekaan demi mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.

Baca Juga:

NASKAH DRAMA PENDEK 6 ORANG TENTANG SEKOLAH

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *