PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI | Struktur, Contoh, Jenis, Ciri

Posted on 35 views
5/5 (1)

Pengertian Teks Eksplanasi – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai struktur teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi,jenis teks eksplanasi,ciri-ciri teks eksplanasi.

Macam-Macam Gaya Bahasa Beserta Contohnya | Pelajarindo.com

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Struktur Teks Eksplanasi

Berikut ini ada beberapa struktur teks eksplanasi antara lain:

  1. Pernyataan umum yaitu berisi mengenai topik yang akan di jelaskan
  2. Urutan Sebab akibat yaitu detail pernjelasan yang terjadi. Di susun secara berurutan dari awal hingga akhir.
  3. Interpretasi yaitu tentang kesimpulan mengenai topik yang sudah di bahas

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri-ciri teks eksplanasi yang wajib di ketahui sebelum membuat, simak sebagai berikut:

  1. Bersifat informatif dan tidak mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap apa yang di bahas.
  2. Biasanya berisi teks yang bersifat ilmiah atau keilmuan, misalnya sains
  3. Struktur terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat dan iterpretasi.
  4. Menggunakan sequence markers misalnya menggunakan kata pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.
  5. Informasi yang di sampaikan berdasarkan fakta

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI | Struktur, Contoh, Jenis, Ciri

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah contoh teks eksplantasi tentang Gama Bumi Aceh 2004:

Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah bencana yang di akibatkan oleh alam. Gempa bumi bisa mengakibatkan tsunami jika titik gempa terjadi di tengah laut. Seperti halnya yang terjadi pada tahun 2004 silam di Aceh terjadi tsunami dahsyat yang menelan banyak korban jiwa. Sampai sekarang warga Aceh sering trauma akan gempa bumi yang terjadi.

Gempa Bumi terjadi akibat pergeseran atau parahan lempeng bumi sehingga mengakibatkan permukaan bumi bergerak. Jika terjadi di tengah laut maka air akan meluap ke permukaan akibat tekanan.

 

Deretan Penjelasan

Gempa bumi yang mengguncang aceh 26 Desember 2004 memiliki kekuatan 9,1 – 9,3 skala richter pada pukul 7.59 waktu setempat. Menguncang dasar laut di barat daya Sumatra sekitar 20 – 25 Kilometer lepas pantai. Sehingga kekuatan sangat dahsyat mengakibatkan gelombang tsunami yang besar.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan tsunami di Aceh sebagai bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi. Bantuan internasional mulai digerakkan menuju kawasan bencana. Kawasan terparah yang dilanda tsunami adalah Aceh, Khao Lak di Thailand dan sebagian Sri Lanka dan India.

 

Penutup (interpretasi)

Indonesia dinyatakan sebagai kawasan bencana tsunami terparah. Pemerintah Indonesia menyebut korban tewas akan melebihi 100.000 orang. Banyak negara yang ikut bersimpati dan mengirimkan bantuan di berbagai wilayah yang terkena bencana.

 

Baca Juga:

NASKAH DRAMA PENDEK 6 ORANG TENTANG SEKOLAH

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *