PENGERTIAN TEKS DESKRIPSI | Struktur, Ciri , Tujuan, Contoh

Posted on 38 views
No ratings yet.

Pengertian Teks Deskripsi– Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai struktur teks Deskripsi,  Contoh teks Deskripsi, jenis teks Deskripsi, dan Ciri-Ciri teks Deskripsi.

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI | Struktur, Contoh, Jenis, Ciri

Pengertian Teks deskripsi

Teks deskripsi merupakan sebuah teks yang dimana paragraf atau gagasan utamanya dijelaskan atau digambarkan secara jelas mengenai suatu objek,tempat,ataupun sebuah peristiwa yang sedang menjadi topik ataupun tema si pembaca tersebut.sehingga membuat si pembaca seakan-akan merasakan secara langsung apa yang sedang di utarakan atau di ungkapkan di dalam teks tersebut.

Sruktur Teks Deskripsi

Dalam teks deskripsi sendiri terdapat 4 struktur yang menyusun teks deskripsi menjadi suatu bagian yang utuh .Berikut ini merupakan 4 struktur tersebut di antaranya sebagai berikut:

1.Identifiksi

Menynjukan sebuah identitas seseorang,benda dan lain sebagainya.

2.Klarifikasi

Perangkaian atau yusunan Bersistem dalam sebuah perkumpulan atau kelompok dengan menggunakan kaidah yang sudah di tetapkan.

3.Deskripsi Bagian

Yaitu bagian dari sebuah teks yang isinya mengenai suatu gambaran-gambaran yang menjadi bagian di dalam teks .Lebih tepatnya deskripsi bagian ini pengklarifikasian yang telah di gambarkan secara lebih detail dengan memberikan gambaran-gambaran yang jelas.

4.Penutup

Penutup sendiri merupakan sebuah kesimpulan atau penegasan hal-hal penting yang ada di dalam teks tersebut.

Ciri Teks Deskripsi

Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Paragraf deskripsi tersebut menggambarkan sesuatu.
  2. Peragraf yang digambarkan secara detail serta melibatkan kesan mata atau indra.
  3. Pada saat membaca teks deskripsi maka si pembaca akan seolah-olah merasakan secara langsung apa yang di bahas dam teks deskripsi tersebut.
  4. Dan yang terakhir teks deskripsi ini menggambarkan atau menjelaskan ciri-ciri fisik dari si objeknya itu sendiri ,seperti ukuran,warna bentuk,ataupun ciri-ciri keadaan   pada suatu objek dengan jelas ataupun rinci.

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi ini bertujuan untuk menjelaskan agar si pembaca seakan-akan merasakan secara langsung apa yang sedang di jelaskan di dalam teksnya tersebut.dan di dalam teks deskripsi sendiri menggunakan pola yang subjektif jika si penulis menambahkan opini atau pendapatnya pada suatu objek yang sudah di jelaskan .

Contoh Teks

Berikut beberapa Contoh tentang Teks Deskripsi:

1.Contoh Deskripsi Tentang Hewan

Harimau

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging.

Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Berdasarkan teks “HARIMAU” di atas, kalimat deskripsinya adalah sebagai berikut :

  • Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
  • Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang ataul oreng berwarna hitam.
  • Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

2.Contoh Teks Deskripsi Alam

Gunung Semeru

berada di puncak gunung merupakan momen pas untuk menyaksikan matahari terbit. Begitu pun saat berada di Gunung Semeru, matahari terbit bisa dilihat dengan indah.Pemandangan langit pagi, perpindahan bumi dari gelap ke terang. Banyak awan yang menghiasi langit seiring naiknya matahari.

Banyak orang yang mengabadikan momen tersebut.Banyak orang yang memasak makanan. Sehingga hal ini mungkin menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

3.Contoh Teks Deskripsi Bencana Alam

Gempa Bumi

Saat itu pagi hari pukul 04.30 WIB. Setiap anggota keluargaku sibuk dengan urusannya masing-masing. Aku pun sedang bersiap mandi untuk berangkat ke sekolah. Ketika aku sudah di dalam kamar mandi dan bersiap mandi tiba-tiba ada guncangan hebat. Untuk beberapa detik pertama aku belum sadar bahwa itu adalah gempa bumi.

Goncangan semakin keras dan aku memutuskan keluar kamar mandi. Di luar kamar mandi sudah terlihat ibu dan kakakku sedang berpegangan pada tembok. Terlihat rumah tingkat dua di sebelah kirinya goyang. Hanya hitungan detik bangunan gudang di sebelah kanan kamar mandi ambruk.

Baca Juga:

NASKAH DRAMA PENDEK 6 ORANG TENTANG SEKOLAH

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *