Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – Pelajarindo

Posted on

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – merupakan model yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Teori ini di pakai perusahaan atau organisasi sebagai keberhasilan pelayanan terhadap pelanggan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam)

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) adalah konsep yang baik untuk menggambarkan perilaku user atau kepuasan pelanggan. Banyak perusahaan yang menerapkan aplikasi berlandaskan metode TAM yang bertujuan untuk mengetahui perilaku user terhadap aplikasi yang di buat perusahaan. Sebagai tolak ukur perusahaan apakah penerapan yang di lakukan di terima masyarakat secara luas. Jika belum di terima maka presentasenya akan buruk.

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) bertujuan untuk mengetahui respon pelanggan menganai aplikasim, di dalam aplikasi ada berbagai fitur-fitur yang menerapkan TAM. Contoh fitur yang di terapkan adalah kuesioner, kolom komentar, life chat, aplikasi yang friendly. Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang tidak menyulitkan pelanggan.

Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang mudah di mengerti tanpa pengguna membaca petunjuk penggunaan. Respon dan pengaksesannya cepat, data dan informasi akurat, dan bisa di akses kapan saja

Perhatikan adalah gambar Technology Acceptance Model (Tam)

Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – Pelaharindo
Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – Pelaharindo

Menurut jurnal Eki Saputra dan Misfariyan (2013), penjelasan dari gambar diatas adalah sebagai berikut.

  1. Perceived Ease of Use (PEOU)

Persepsi tentang kemudahan penggunaan sebuah teknologi didefinisikan sebagai suatu ukuran dimana seseorang percaya bahwa komputer dapat dengan mudah dipahami dan digunakan. Beberapa indikator kemudahan penggunaan teknologi informasi, meliputi:

  1. Komputer sangat mudah dipelajari.
  2. Komputer mengerjakan dengan mudah apa yang di inginkan oleh pengguna.
  3. Komputer sangat mudah untuk meningkatkan keterampilan pengguna.
  4. Komputer sangat mudah untuk dioperasikan.
  1. Perceived Usefulness (PU)

Persepsi terhadap kemanfaatan didefinisikan sebagai suatu ukuran dimana penggunaan suatu teknologi dipercaya akan mendatangkan manfaat bagi orang yang menggunakannya. Dimensi tentang kemanfaatan teknologi informasi meliputi:

  • Kegunaan, meliputi dimensi: menjadikan pekerjaan lebih mudah, bermanfaat, menambah produktivitas.
  • Efektivitas, meliputi dimensi: mempertinggi efektivitas, mengembangkan kinerja pekerjaan.
    1. Attitude Toward Using (ATU)

Attitude Toward Using (ATU) dalam TAM dikonsepkan sebagai sikap terhadap penggunaan sistem yang berbentuk penerimaan atau penolakan sebagai dampak bila seseorang menggunakan suatu teknologi dalam pekerjaannya.  Peneliti lain menyatakan bahwa faktor sikap (attitude) sebagai salah satu aspek yang mempengaruhi perilaku individual. Sikap seseorang terdiri atas unsure kognitif/cara pandang (cognitive), afektif (affective), dan komponen-komponen yang berkaitan dengan perilaku (behavioral components).

  1. Behavioral Intention to Use (ITU)

Behavioral Intention to Use (ITU)   adalah kecenderungan perilaku untuk tetap menggunakan suatu teknologi. Tingkat penggunaan sebuah teknologi komputer pada seseorang dapat diprediksi dari sikap perhatiannya terhadap teknologi tersebut, misalnya keinginanan menambah peripheral pendukung, motivasi untuk tetap menggunakan, serta keinginan untuk memotivasi pengguna lain.

  1. Actual System Usage (ASU)

Actual System Usage (ASU) adalah kondisi nyata penggunaan sistem. Dikonsepkan dalam bentuk pengukuran terhadap frekuensi dan durasi waktu penggunaan teknologi. Seseorang akan puas menggunakan sistem jika mereka meyakini bahwa sistem tersebut mudah digunakan dan akan meningkatkan produktifitas mereka yang tercermin dari kondisi nyata penggunaan.

artikel yang berhubungan dengan TAM adalah CRM, berikut ini artikel lengkapnya

Contoh CRM (Customer relationship Managemen) – Pelajarindo.com

Pengertian CRM (Customer Relationship Management) Menurut Para Ahli

4 Dimensi CRM – Pelajarindo.com

Anda juga dapat membaca mengenai contoh kuesioner yang menerapkan teori TAM berikut linknya

Contoh Kuesioner Technology Acceptance Model – Pelajarindo

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Now, I will do what makes me happy and I don’t waste my time’

2 thoughts on “Pengertian Technology Acceptance Model (Tam) – Pelajarindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *