PENGERTIAN TANGGA NADA | Diatonis, Pentatonis, Mayor, Minor

Posted on 25 views
No ratings yet.

Pengertian Tangga Nada – Sebuah lagu atau musik tentu ada tangga nada. Tangga nada terbagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis. Sebalumnya kita sudah membahas menganai unsur-unsur seni musik dan notasi balok. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian tangga nada simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tempo | Tanda Lambat, Sedang, Cepat & Perubahan

Pengertian Tangga Nada

Pengertian tangga nada adalah urutan yang di susun secara berjenjang yaitu do re mi fa sol la si do. Dalam sebuah lagu tangga nada sangat berperan dalam pembuatan lagu atau musik. Sebalum melakukan record maka akan menciptakan nada-nada yang bisa di tulis pada tangga nada menggunakan notasi angka atau balok.

Tangga nada terbagi menjadi dua yaitu yangga nada diatonis dan pentatonis. Simak penjelasan berikut ini:

1.      Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang memiliki dua jarak tangga nada yaitu satu dan setangah. Nada0nada ini pada piano dan organ termasuk system diatonis. Tangga nada diatonis terbagi menjadi tangga nada diatonis mayor dan minor.

a.       Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2.

Tangga Nada Diatonis Mayor
Tangga Nada Diatonis Mayor

b.     Tangga Nada Diatonis Miyor

Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya berjarak 1-1/2-1-1-1/2-1-1. Tangga nada minor dibedakan menjadi 3 yaitu tangga nada minor asli, harmonis dan melodis.

·         Tangga Nada Minor Asli

Tangga Nada Diatonis Minor
Tangga Nada Minor Asli

Tangga nada minor asli hanya memiliki nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian merupakan bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini, berikut ini adalah tangga nada minor asli.

·         Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga Nada Minor Harmonis
Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada minor yang nada ke 7 dinaikkan setengah laras. Nada minor harmonis ini deretan naik turun tetap sama. Berikut ini adalah tangga nada minor harmonis.

·         Tangga Nada Minor Melodis

Tangga Nada Minor Melodis
Tangga Nada Minor Melodis

Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli yang nada ke 6 dan 7 dinaikkan setangah laras. Pada umumnya, nada ke 6 ke 7 tersebut di turunkan ½ laras. Berikut ini adalah tangga nada monor melodis

2. Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai 5 nada pokok. Ragam nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang terdengar. Berdasarkan nadanya ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro, misalnya alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Baca Juga:

Pengertian Musik Tradisional | jenis musik tradisional

4 CABANG SENI | RUPA, MUSIK, TARI DAN DRAMA

ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *