Pengertian Stereotip Lengkap – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Stereotip – anda pernah mendengar tentang  stereotip? Pernahkah anda menilai penampilan seseorang pertama kali bertemu? Nah pengertian stereotip akan menyinggung mengenai kesan menilai seseorang dengan tampak luarnya saja, tanpa mengetahui kepribadian seseorang terlebih dahulu.

Pengertian Stereotip

Pengertian Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang bedasarkan penampilan kesan pertama bertemu, tanpa mengetahui kepribadiannya lebih jauh lagi. Pengertian Stereotipe adalah kesan pertama kali seseorang bertemu dengan orang lain, dan menganggap bahwa orang ini akan memiliki sifat seperti yang ia pikirkan. Agar manusia dapat menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan yaitu jalan pintas  secara antuisi itulah pengertian stereotype.

Stereotipe merupakan jalan pintas pemikiran yang dilakukan secara intuitif oleh manusia untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat.

Pada umumnya prasangka atau stereotype negative dan positif. Ada juga yang beranggapan positif tentang seseorang pada awal pertemuan. Kadang pula firasat salah dan benar setelah memahami lebih jauh lagi. Kasen negatif juga dapat di lihat dari kesan pertama bertemu tak jarang beranggapan yang salah.

Pengertian Stereotip

Sebagai saran jangan langsung menilai seseorang terhadap pertama kesan bertemu, tak jarang salah menerka-nerka. Penampilan ataupun bentuk wajah bukan berarti menggambarkan kepribadian seseorang. Pahami terlebih dahulu orang tersebut sehingga tidak salah sangka dan menerka-nerka. Setiap manusia memiliki bentuk muka yang berbeda-beda. Ada yang mempunyai bentuk yang sengak atau sangar ada juga yang ramah enak di pandang.

Menurut Alvin Day, Karena sifat dari manusia yang selalu mencari kesamaan mendasar atas segala sesuatu tersebut menyebabkan stereotip, dalam pandangan komunikasi, bukanlah hal yang mengejutkan jika kemudian stereotip beranak pihak dalam content hiburan dan informasi massal.

Contoh Stereotip

Berikut ini adalah contoh stereotip yang biasa pada umumnya di kalangan masyarakat:

Orang gemuk biasanya malas dan rakus.

Banyak orang menganggap bahwa orang gemuk biasanya malas dan rakus, tidak hanya itu bahkan orang gemuk banyak makan dan memilki hobi ngemil. Orang gemuk biasanya tidak suka olahraga sehingga mereka kebanyakan lemak.

Orang arab teroris

Orang arap di anggap teoris, karena kebanyakan kejadian pengeboman adalah orang arab. Bukan hanya orang arab, orang muslim yang ber jenggot dan  memakai cadar di anggap teroris.

Aparat keamanan selalu saja bisa disogok dengan uang

Banyak beranggapan apparat misalnya polisi bisa di sogok dengan uang. Tapi ada juga lo yang apparat jujur, mereka tidak mau di sogok karena dosa.

Dokter hidup sehat

Kehidupan dokter sangat sehat, mereka mengobati pasien dan menganjurkan hidup sehat. Tak jarang juga lo dokter mengkonsumsi mie instan dan mengkonsumsi makanan siap saji.

Sekian pembahasan mengenai pengertian stereotip, semoga tulisan saya mengenai pengertian stereotip dapat bermanfaat. anda dapat mengunjungi pengertian kepribadian di bawah ini agar anda mendapat banyak wawasan mengenai pribadi seseorang.

Pengertian kepribadian | Pelajarindo.com

Pengertian Stress | Pelajarindo.com

Muhammad Mufid, 2010. Etika dan Filsafat Komunikasi. Yang Menerbitkan Kencana Prenada Media Group : Jakarta.

One thought on “Pengertian Stereotip Lengkap – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *