Pengertian Squence Diagram dan Simbolnya – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Squence Diagram dan SimbolnyaPengertian Squence diagram adalah bagian dari UML (Unified Modeling Language). Berikut ini pelajarindo akan membahas Pengertian Activity Diagram dan Simbol-Simbolnya secara lengkap.

Pengertian Aquence Diagram

Pengertian Squence Diagram adalah menggambarkan prilaku actor pada usecase. Dalam semuah program ada bertugas sebagai pengirim dan penerima. Squence diagram bertugas memberikan penjelasan mengenai proses pengiriman tersebut.

Sequence diagram adalah bagian dari UML (Unified Modeling Language). Dalam sebuah laporan sequence diagram wajib ada karena sangat penting.

Pengertian UML Sukamto dan Shalahuddin (2013:133),

UML (Unified Modeling Language) adalah  salah  satu  standar  bahasa  yang  banyak  digunakan  di  dunia  industri  untuk mendefinisikan requirement,  membuat  analisis  &  desain,  serta  menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek.

Pengertian Squence Diagram menurut para ahli Sukamto dan  Shalahuddin  (2013:165),

Sequence  diagram atau  diagram sekuen  menggambarkan  kelakuan  objek  pada use  case dengan  mendeskripsikan waktu hidup objek dan message yang dikirim dan diterima antar objek.

Pengertian Squence Diagram menurut para ahli Satzinger (2011 : 26),

rupakan diagram yang menunjukkan aliran fungsio nalitas dalam use   case. Sequence adalah  satu  dari  dua  interaksi  diagram  yang mengilustrasikan  objek-objek  yang  berhubungan  dengan use   case  dan message atau pesan-pesannya. Komponen utama sequence diagram terdiri atas objek yang dituliskan dengan kotak segiempat bernama. Message diwakili oleh garis dengan tanda panah dan waktu yang ditunjukkan dengan progress vertical.

Simbol Squence Diagram

Ada beberapa simbol activity diagram di bawah ini adalah gambar dan kegunaannya:

Simbol Squence Diagram Kegunaan
Orang,   proses,   atau   sistem   lain   yang berinteraksi   dengan   sistem   informasiyang    akan    dibuat    di    luar    sistem informasi  yang  akan  dibuat  itu  sendiri, jadi  walaupun  simbol  dari  aktor  adalah gambar  orang,  tapi  aktor  belum  tentu merupakan  orang;  biasanya  dinyatakan menggunakan  kata  benda  di  awal  frase nama actor
Aktivitas yang dilakukan sistem,aktivitas  biasanya  diawali  dengan  kata kerja
Menyatakan kehidupan suatu objek
Menyatakan    objek    yang    berinteraksi pesan
Menyatakan  objek  dalam  keadaan  aktif danberinteraksi,  semua  yang  terhubung dengan  waktu  aktif  ini  adalah  sebuah tahapan yang dilakukan di dalamnya.
Menyatakan suatu objek membuat objek

yang  lain,  arah  panah  mengarah  pada

objek yang dibuat

Menyatakan    suatu    objek    memanggil

operasi/metode yang ada pada objek lain

atau dirinya sendiri

Contoh Squence Diagram

Contoh Squence diagram dan penjelasannya pada study kasus rumah sakit persediaan obat dapat anda lihat pada artikel di bawah ini sudah kami siapkan:

Contoh Squence Diagram dan Penjelasannya – Pelajarindo

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo.com. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Now, I will do what makes me happy and I don’t waste my time’

One thought on “Pengertian Squence Diagram dan Simbolnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *