PENGERTIAN SENI MUSIK | Unsur, Jenis, Fungsi

Posted on 26 views
5/5 (1)

Pengertian seni Musik– Musik adalah media bunyi yang bisa menjadi seni sekaligus di nikmati oleh banyak orang. setiap hari pasti kita akan mendengarkan bunyi musik di mana sana, misalnya di cafe, rumah, sekilah, jalan dan di mana-mana. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian seni tari, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian seni musik.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni musik secara umum merupakan suatu cabang seni yang mengungkapkan ekspresi jiwa menggunakan musik. Sedangkan musik adalah seni yang menggunakan suara yang mengandung nada yang indah, lagu, dan irama.

Pengertian seni musik secara etimologi

Secara etimologi atau cabang suatu kata, ‘musik’ berasal dari bahasa Inggris yaitu music. Sedangkan ‘music’ berasal dari bahasa Yunani yaitu mousikê, yang lebih merujuk pada semua seni yang dipimpin oleh Muses seperti seni musik dan pusi. Selain itu di Roma, kata ars musica untuk istilah instrumen musik.

Pengertian musik menurut Jamalus,

“seni musik merupakan karya seni yang menghasilkan bunyi dalam bentuk lagu yang mampu menunjukkan ekspresi pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik seperti melodi dan harmoni”.

Pengertian musik menurut Lexicographer,

Pengertian Seni musik adalah ilmu dan seni dari persatuan ritmis nada-nada, vokal, instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni dalam suatu emosional.

Unsur –Unsur Seni Musik

Berikut ini unsur-unsur musik yang membentuk sebuah lagu sebagai berikut:

 

 

  1. Melodi,merupakan sebuah tingkatan dari tinggi rendahnya atau panjang pendeknya sebuah nada dalam sebuah musik.
  2. Irama ,merupakan sebuah gerakan yang mempunyai aturan-aturan sehingga menjadi unsur dasar dari sebuah musik.
  3. Birama,merupakan suatu ketikan atau pun ayunan yang secara berulang-ulang dalam waktu yang sama.
  4. Tangga Nada,merupakan Suatu urutan sebuah nada yang di susun dalam bentuk tangga nada.
  5. Harmonis,merupakan suatu keselarasan bunyi musik yang paduan bunyinya selaras.
  6. Tempo,yaitu sebuah kecepatan maupun ukuran suatu birama lagu.
  7. Dinamika,merupakan suatu tanda yang bertujuan untuk memainkan sebuah nada dengan volume yang lembut.
  8. Timbe,merupakan warna dari sebuah seni musik.

 

Jenis Seni Musik

Adapun jenis seni musik antara lain:

1. Musik Tradisional

Musik tradisional merupakan musik yang sejarahnya adalah warisan dari nenek moyang yang di turunkan secara turun temurun baik dari waktu ke waktu maupun dari zaman ke zaman .musik tradisional sendiri masih menggunakan alat yang tradisional pula seperti angklung,gamelan, dan lain sebagainya.

2. Musik Modrn

musik modrn ini adalah suatu perubahan dari musik tradisional itu sendiri.seni modrn juga telah  banyak berakulturasi dengan budaya serta teknologi yang yang modrn pula dari segi instrumen lagunya maupun dari cara penyajian musik itu sendiri.

3. Musik kontemporer

Musik kontemporer sendiri memiliki  variasi nada yang kompleks.di indonesia sendiri musik kontemporer ini sudah ada sejak tahun 1990 an.

Fungsi Seni Musik

Berikut ini adalah fungsi seni mkusik yaitu sebagai berikut:

  1. Sarana Expresi Diri, mengapa seni musik musik menjadi salah satu sarana expresi diri?karna seni musik sendiri lebih mudah  memberikan ungkapan perasaan bagi para pemain pemainnya.
  2. Sarana Hiburan,seni musik sendiri mampu di jadikan sebagai sarana hiburan ,karna musiknya yang bisa membuat seseorang menjadi senang dengan cara mendengarkan sebuah musik saja.
  3. Sarana Terapi,Bahkan seni musik bisa sebagai sarana terapi bagi orang yang mempunyai penyakit mental bahkan kelumpuhan sekalipun.
  4. Sarana upacara,Dalam musik pun bisa menjadi sarana upacara ,seperti upacara kelahiran,perkawinan,bahkan upacara kematian.
  5. Sarana komersial,Bagi para musisi maupun seniman seni musik di jadikan sebagai salah satu pengasilan bagi mereka yang menguntnugkan.
  6. Sarana Tari,Tari sendiri sangat berkaitan  erat dengan seni musik,karna keduanya  sama-sama memililiki pola dan ritme satu sama lainnya.

 

Baca Juga:

Pengertian Seni Tari | jenis, unsur, fungsi, tujuan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *