Pengertian, Sejarah, Contoh MUSIK NON TRADISIONAL

Posted on 41 views
No ratings yet.

Contoh Musik Non Tradisional – Musik adalah suara yang sangat sering kita dengarkan. Di jalan, caffe, kampus, bahkan di kantor dan sekolah. Karena musik bisa membuat mood seseorang menjadi baik dan bisa meningkatkan semangat. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian musik tradisional, dan  alat musik instrument. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh musik non tradisional.

Pengertian Musik Non Tradisional

Pengertian Musik non tradisional atau bisa di sebut dengan musik modern adalah musik yang tidak lahir dari budaya suatu masyarakat.

Musik non tradisional adalah musik tradisi daerah yang banyak mendapat pengaruh dari musik modern atau musik asing menjadi musik yang lebih indah.di jawa tengah ada musik campursari yang merupakan musik gamelan di campur dengan musik keroncong atau musik modern.

Sejarah Musik Non Tradisional

Sejarah musik non tradisional di bangun karena suatu ide atau gagasan dan tidak memandang tradisi setempat. Komposisi musik non tradisional di bangun berdasarkan suatu aturan komposisi yang jelas, misalnya notasi, tekstur, dan instrument yang tepat.

Pada umumnya musik non tradisional bersifat terbuka, sehingga komposisi yang di gunakan sangat di pengaruhi oleh berbagai musisi dan pengalaman musical. Musik modern akan terus berkembang mengikuti zaman dan akan terus berkreasi dengan ide-ide yang baru.

Contoh Musik Non Tradisional

Contoh musik non tradisional ada beberapa berikut pembahasannya:

1.      Musik Jass

Musik jass adalah musik yang berkembang awalnya di Amerika Serikat. Instrument musik jas terdisi dari piano, bass, drum, gitar, seksofon, trombo dan terompet.

2.      Musik Rhythm dan blues

Musik rhythm dan blues adalah musik yang populer yang di kenal dengan nama R&B. R&B juga ada beberapa genre misalnya jump blues, club blues, black rock n roll, disco dan rap. Musisi Indonesia yang menganut musik ini adalah glen fredly dan rio febrian.

3.      Musik Pop

Musik pop adalah musik yang di gemari masyarakat hingga saat ini. Musik ini sering di sebut band yang menggunakan peralatan yang modern. Musisi yang beraliran musik ini adalah melly goeslaw, krisdayanti, titiek puspa dan masih banyak lagi.

4.      Musik Rock

Musik rock adalah musik yang identic dengan suara keras gitar dan drum. Jenis musik ini banyak mendapat kritikan dari masyarakat karena bersuara beringsik dan bising.

5.      Musik Reggae

Musik regae adalah musik cikal bakal dari lagu-lagu yang enak di dengar enak. Musik reggae sering cover lagu dengan ciri khas dan enak di dengar.

6.      Musik dangdut

Musik dangdut sangat populer di Indonesia, bahkan ada ajang pencarian bakat di Indonesia yang di siarkan langsung di televisi. Namun musik ini gabungan antara musik tradisional dan musik modern. Karena di dalam musik dangdut terdapat gendang, seruling yang mana adalah musik tradisonal.

Baca Juga:

Pengertian Musik Tradisional | jenis musik tradisional

4 CABANG SENI | RUPA, MUSIK, TARI DAN DRAMA

ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *