Pengertian Produktif Menurut para Ahli – Pelajarindo.com

Posted on 336 views
No ratings yet.

Pengertian Produktif Menurut para Ahli – produktif adalah kata yang pas untuk menggabungkan produktif dan efisien. Selain penjelasan Produktif menurut ahli kita akan membahas juga aspek dan faktor yang mempengaruhi produktivitas. Produktif bisa di sebut dengan produktivitas, produktivitas ada beberapa factor yang nantinya akan kita bahas di bawah ini. Pelajarindo.com akan membahas mengenai pengertian produktif menurut para ahli.

Pengertian Produktif Menurut para Ahli

Pengertian produktif menurut para ahli banyak di cari oleh kalangan pelajar karena jelas sumbernya dan ada di daftar pustaka. Menurut penulis, pada dasarnya sama pengertiannya, hanya saja menurut sudut pandang mereka saja. Berikut ini adalah beberapa sumber mengenai pengertian produktif menurut para ahli.

Menurut Ervianto (2004) dalam buku Teori Aplikasi Proyek Kontruksi,

produktivitas  didefenisikan  sebagai  rasio  antara output dan input, atau  rasio  antara  hasil produk  dengan  total  sumber  daya  yang digunakan.

Menurut Ervianto (2008) dalam buku 6 Pengukuran Produktivitas Kelompok    Pekerja    Bangunan    Dalam    Proyek Konstruksi,

Pengertian   produktivitas   tersebut   biasanya   dihubungkan dengan produktivitas  pekerja  dan  dapat  dijabarkan  sebagai  perbandingan  antara hasil kerja dan jam kerja.

Menurut George J. Washin,

Produktivitas mengandung dua konsep utama, yaitu efisiensi dan efektivitas. Efisiensi mengukur tingkat sumber daya, baik manusia, keuangan, maupun alam yang dibutuhkan untuk memenuhi tingkat pelayanan yang dikehendaki, efektivitas mengukur hasil mutu pelayanan yang dicapai.

Pengertian Produktif Menurut para Ahli

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerjaan

Ada beberapa factor yang mempengaruhi produktivitas pekerjaan menurut Pamuji (2008) pada skripsinya yang berjudul Produktivitas sebagai dasar perhitungan upah kerja pada anggaran. Berikut ini adalah factor-faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerjaan.

1.      Tingkat upah

Ada sebagian besar karyawan menginginkan upah yang besar. Ketika tingkat upah mereka besar maka mereka akan kerja semaksimal mungkin.

2.      Pengalaman dan ketrampilan para pekerja

Pengalaman dan keterampilan para pekerja juga sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Karyawan yang mempunyai pengalaman akan sangat berbeda cara kerjanya dengan karyawan yang baru bekerja.

3.      Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu factor yang mempengarui, karena pemikiran akan berbeda tergantung dengan kelulusan, keahlian juga akan berbeda.

4.      Usia pekerja

Usia pekerja atau umur akan di pengarui tingkat produktifnya, semakin tua akan semakin menurun kualitas kerjanya. Kemungkinan kecil kalua untuk factor usia pekerja.

5.      Pengadaan barang

pengadaan barang juga dapat mempengaruhi karena pengadaan barang adalah acuan yang dapat di gunakan dalam proses kerja. jika pengadaan terhambat maka ajan terhambat semua pekerjaan yang berkaitan.

6.      Cuaca

Kenapa cuaca juga menjadi factor produktif? Karena cuaca adalah pengaruh dari luar yang bisa menghambat pekerjaan. Misalkan hujan pekerjaan di lapangan akan terhambat. Jika hujan petir bisa padam listrik juga akan menghambat.

7.      Jarak material

Jarak material juga dapat menjadi factor, karena jika jauh akan lama proses pengankutan barang. Membutuhkan waktu dan tenaga lebih besar. Jika jarak dekat dapat di jangkau dengan mudah akan lebih mudah.

8.      Hubungan kerja sama antara pekerja

Komunikasi dan hubungan kerja sama antara pekerja adalah kunci sukses. Semua akan di komunikasi dan diskusikan dengan baik smisalkan dengan rapat, atau dengan mengobrol santai membahas masalah perusahaan.

9.      Faktor managerial

Factor managerial mengenai manager bagaimana memimpin karyawannya dengan baik. Manager yang baik akan mendengarkan keluhan karyawan serta memotifasi karyawan agar giat bekerja.

10.  Efektivitas jam kerja

Efektivitas jam kerja agar tidak kerja lembur. Jika lembur perusahaan akan mengeluarkan upah untuk lemburnya. Sebisa mungkin dapat mengefektifkan jam kerja.

anda dapat juga membaca tentang:

Perbedaan Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC)

Pengertian Quality Assurance (QA), Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance (QA)

Aspek Produktivitas Kerja

Menurut Stefanus dan Rachmat (2007) terdapat dua aspek produktivitas kerja efektif dan efisien. Berikut ini adalah penjelasan aspek produktivitas kerja:

1.      Efektif

Efektif adalah suatu ukuran targer seberapa berhasilnya tujuan yang tercapai. Jika efektif besar maka target dan strategi yang di terapkan akan semakin besar juga. Efektif adalah ukuran yang dapat di capai nantinya, setelah di rencanakan, oprasional dan hasil. Jika penulis biasa gambarkan efisien adalah waktu yang di gunakan untuk mencapai sebuah tujuan berikut dengan target, strategi, hasil.

2.      Efisien

Efesin adalah ukuran dalam membandingkan penggunaan, perencanaan dan hasil. Jika penghematan semikin besar maka semakin besar tingkat efesiensi semakin tinggi, karena karyawan akan kerja ekstra dengan penghematan yang tinggi. Sedangkan dengan efisien menurut penulis adalah tepat guna, yaitu pada bagian-bagian melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Sehingga akan berjalan dengan lancar seluruh pekerjaan.

Terima kasih sudah mengunjungi Pelajarindo.com, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini. salam hangat dari kami penulis pelajarindo.

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Pengertian Produktif Menurut para Ahli – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *