Pengertian Pemodelan Dan Konsep Dasar Pemodelan

Posted on 34 views
No ratings yet.

Pengertian Pemodelan – Pemodelan bisa di sebut dengan cara mudah atau cara yang di gunakan untuk menyederhanakan sesuatu yang rumit. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai metode beroriantasi objek. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pemodelan dan konsep dasar pemodelan. Simak pejelasan berikut ini.

Metode Pengembangan Multimedia Menurut Luther-Sutopo

Pengertian Pemodelan

Pengertian pemodelan adalah fitur yang bertujuannya untuk membuat bagian atau fitur tertentu dari dunia lebih mudah untuk dipahami, didefinisikan, diukur, divisualisasikan, atau disimulasikan. Intinya adalah menyederhanakan atau mempermudah penggunaan suatu fitur. Dengan adanya pemodelan maka permasalahan akan mudah di pecahkan dengan menggunakan metode-metode tertentu.

Pemodelan adalah media komuniakasi yang dapat disajikan dalam bentuk secara visual antarpengembang perangkat lunak, misalnya saja pemograman, rancangan system,

Banyak sekali jenis metode untuk memecahkan suatu masalah, namun penggunaan metode ini harus disesuaikan dengan permasalahan. Tidak semua masalah menggunakan metode yang sama, bukan mempermudah masalah namun akan menambah masalah. Jadi perlu di perhatikan pemodelan yang di gunakan agar sesuai dan mudah di gunakan. Konsep dasar pemodelan di gunakan untuk melakukan proses penyederhanaan dari segala jenis masalah.

Tujuan Pemodelan

Adapun tujuan pemodelan antara lain:

  1. Pemodelan dapat digunakan sebagai sarana pendukung system yaitu proses dokumentasi guna mempelajari dan melakukan proses evaluasi sistem.
  2. Pemodelan dapat digunakan untuk mengidentifikasi struktur dan perilaku sistem serta membuat gambaran saat membuat sistem
  3. Pemodelan dapat digunakan untuk proses pengujuan ketika sistem di rancang selesai
  4. Pemodelan dapat menyederhanakan sesuatu hal yang rumit menjadi mudah di mengerti

Jenis Metode Analisis Desain

Ada beberapa 2 jenis metode analisis desain antara lain:

1.      Metode Terstruktur

Metode terstruktur adalah pendekatan yang di lakukan memiliki focus pada aliran data dan memperlihatkan hubungan antar objek satu dengan lainnya yang berkomunikasi dalam sistem yang berjalan. Ada beberapa diagram yang di gunakan misalnya ERD (Entity Relationship Diagram) dan DFD (Data Flow Diagram).

2.      Metode Berorientasi Objek

Metode berorientasi objek pendekatan yang dilakukan adalah menanalisis, membuat atau mengembangkan suatu sistem dengan cara melihat sudut pandang dalam bentuk objek-objek serta hubungan antar objek. Diagram yang di gunakan adalah UML (Unified Modeling Language). Menggunakan metode berorientasi objek yang di perhatikan adalah OOAD (Objek Orirnted Analysis and Design). OOAD adalah metode yang di gunakan untuk menganalisis kebutuhan dari suatu sistem yang di bangun dan dikembangkan dengan melihat sudut pandang kelas dan objek.

Baca Juga:

Kerangka Kerja Cobit, 4 Domain Cobit, 7 Pendekatan Cobit

Pengertian Class Diagram Contoh, dan Simbolnya – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *