Pengertian Mouse | fungsi, jenis, cara kerja

Posted on 66 views
No ratings yet.

Pengertian Mouse – Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang paling banyak digunakan sebagai media untuk proses bekerja dalam keseharian. Seperti yang kita ketahui, komputer terdiri dari hardware dan juga software yang mana di antara keduanya saling membutuhkan agar computer tersebut bisa berjalan. Nah, didalam hal hardware tentu bahwa komputer memiliki hardware bawaan dan yang mana hardware tambahan ini seringkali disebut dengan perangkat peripheral.

Perangkat peripheral pada computer yang memiliki peranan dalam hal input data salah satunyaselain keyboard adalah mouse.

 Pengertian Mouse

Mouse merupakan salah satu perangkat peripheral yang sangat dibutuhkan dalam pengoperasian komputer. Mouse sendiri mengalami perkembangan yang bisa dibilang sangat pesat sejak awal kemunculannya dimana dulu masih menggunakan bola kecil. Selain perkembangan, dapat dilihat dari segi bentuknya,  dari segi teknologis mouse yang dukunya menggunakan sensor mekanik, mechanical mouse, kini elah berkembang ke optical mouse.

Mouse computer merupakan sebuah perangkat keras yang termasuk dalamgolongan perangkat input(masukan).

Baca juga:

PENGERTIAN DAN FUNGSI SIGNAL TRANSFER POINT | pelajarindo.com

Fungsi mouse

Fungsi mouse dalam pengoperasian antara lain :

  1. untuk mengeksekusi suatu program
  2. untuk memilih objek
  3. melakukan drag dna drop
  4. mendapatkan informasi melalui hover mouse
  5. melakukan operasi scroll

Perangkat ini di namakan mouse karena desain dan bentuknya menyerupai tikus.

Tipe mouse standar selalu terdapat 2 tombol, satu tombol kanan dan satu tombol kiri, dari kedua tombol tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tombol kiri digunakan untuk memilih objek dan text, sedangkan tombol sebelah kanan bila ditekan akan menampilkan menu-menu tertentu. Pada bagian atas juga terdapat roda yang biasa di sebut scroll, berfungsi untuk menggulung layar/halaman (naik turun).

Jenis-jenis mouse

Buat kalian yang sering dalamkesehariannya menggunakan computer, tentunya kalian tahu bahwa mouse itu banyak sekali jenis-jenis mouse. Berikut beberapa jenis mouse yang mungkin belum kalian ketahui, antara lain :

1.      Mechanical Mouse

Mouse ini dapat dikatakan mouse generasi pertama yang masih mengunakan bola kecil, untuk mendeteksi gerakanmouse pada computer. Mouse tipe ini  masih sangat popular dan banyak di jumpain kira-kira sampai tahun 2008.

2.      Optomechanical Mouse

Dapat dikatakan mouse jenis ini merupakan perkembangan dari Mechanical Mouse. Pasti pada bingung mengapa dikatakan sebagai perkembangan dari Mechanical Mouse?  Karena, pada mouse jenis ini juga terdpat bola kecil pada bagian bawah juga berguna sebagai sensor.

3.      Optical Mouse

untuk mouse yang seperti ini sudah sering kali kita jumpai di setisp pengguna komputer.

mouse jenis ini tidak menggunakan system mekanik sama sekali. sebagai gantinya, mouse tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakan mouse.

4.      Bus Mouse

jenis mouse ini bisa dikatakan mouse yang memiliki kabel dengan serial bus seperti pada gamabar diatas. pada umumnya, memiliki semacam rda yang berguna untuk melakukan scroll up dan down. mouse ini yang terkoneksi pada PC pada awal digunakan komputer IBM.

5.      seial Mouse

mouse jenis ini disambungkan melalui serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital yang informasinya dikirimkan secara bir per bit.port yang biasa digunakan adalah port tipe D dengan 9pin(DB9M) yang terdapat di belakang motherboard.

6.      PS/2 Mouse

Pada PS/2 mouse, digunakan sebuah konektor berupa 6-pin mini-din. mouse mulai naik daun pada tahun 1987. jenis ini sekarang juga sudah jarang di jumpai.

kunjungi :

Pengertian Activity Diagram dan Simbol-Simbolnya – Pelajarindo.com

 

Cara Kerja Mouse

Terdapat 3 tombol pada mouse tetapi umumnya hanya 2 tombol yang berfungsi yaitu kanan dan kiri, yang dikenla dengan istilah “click”

kemudian, juga dikenla dnegan istilah “drag” yaitu menggeser atau menarik.

 

demikian lah ulasan kami mengenai mouse pada artikel ini, Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *