Pengertian Loyalitas Lengkap – Pelajarindo.com

Posted on 96 views
No ratings yet.

Pengertian Loyalitas – adalah kepatuhan atau kesetiaan. Berikut ini kita akan membahas mengenai pengertian loyalitas dengan lengkap. Pahami dan baca dengan baik agar anda dapat memahami dan mendapatkan ilmu.

Pengertian Loyalitas

Pengertian loyalitas adalah kesetian atau ke patuhan karyawan terhadap aturan atau kebijakan perusahaan. Banyak faktor yang dapat mempengarui loyalitas pekerja. Misalnya gaji, aturan, atasan/leader, lingkungan, fasilitas, cuti dll. Kita akan membahas beberapa yang mempengaruhi loyalitas karyawan. Loyalitas bukan hanya untuk karyawan atau pekerja ada juga loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah kesetiaan pelanggan untuk membeli produk kita dan mengkonsumsi terus menerus bahkan sampai ketergantungan.

Meningkatkan loyalitas pekerja juga bergantung dengan atasan atau leader, bisanya menager. Manager dapat memberdaya karyawan dengan baik atau tidak. Manager atau atasan yang baik adalah yang dapat memotivasi karyawan agar bekerja dengan baik sebelum memotivasi manager juga memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu sebelum dapat memotivasi. Atasa atau manager adalah patokan dan panutan bawahan yaitu karyawan. Sebisa mungkin atasan atau manager dapat berlaku bijak dan tidak seenaknya terhadap bawahan, begitulah atasan yang baik.

Pengertian Loyalitas Lengkap

Jika karyawan sudah menjadi bagian loyalitas mereka akan memahami semua kebijakan perusahaan misalkan aturan baru atau lembur. Karyawan tidak akan keberatan jika mereka sudah loyal dengan perusahaan. Sikap atau aturan yang dapat memjadikan karyawan berloyalitas. Jadi sebisa mungkin para atasan atau manager memanusiakan karyawannya agar mereka dapat loyal terhadap perusahaan. Kerika kaeyawan sudah loyal maka mereka akan kerja dengan baik dan akan memeksimalkan kinerja mereka.

Seperti yang sudah di singgung di atas loyalitas juga ada pada karyawan. Pengertian loyalitas pelanggan adalah kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan. Mereka akan  menggunakan produk dan jasa terus menerus. Sehingga pelanggan akan butuh terus menerus dengan produk atau jasa. Harga, service, kualitas produk adalah faktor utama dari loyalitas pelanggan.

Terutama service, mereka akan senggan dan tertarik karena service nya nyaman, karyawannya ramah, dan mereka merasa nyaman jika berkunjung. Setelah itu harga, mereka akan membandingkan harga dengan toko sebelah. Tetapi jika service dan kualitas baik maka harga tidak menjadi masalah bagi mereka. Sehingga sebisa mungkin membuat loyalitas pelanggan.

Anda juga dapat membaca mengenai CRM (Customer Relationship Diagram) yaitu hubungan antara perusahaan dengan pelanggan:

Contoh CRM (Customer relationship Managemen) – Pelajarindo.com

Pengertian CRM Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

4 Dimensi CRM – Pelajarindo.com

Contoh Loyalitas

Berikut ini adalah contoh loyalitas kerja dan contoh loyalitas pelanggan:

Loyalitas Kerja

Contoh loyalitas kerja misalnya Ilham adalah karyawan di perusahan Xx. Ilham adalah karyawan yang rajin dan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan tepat waktu. Seuatu ketika atasan atau manager Ilham menyuruhnya lembuh 4 jam selama 1 minggu. Dalam hal ini bagaimana loyalitas Ilham terhadap perusahaan mengenai tugas yang di berikan, dilaksanakan dengan iklas atau dengan sangat terpaksa. Sebelumnya ilham telah di berikan reward mengenai kinerja, penambahan upah, serta komunikasi dengan atasan dengan baik. Sehingga ilham tidak akan terbenani dengan tugas yang mengharuskan Ia lembuh selama 1 minggu. Loyalitas kerja karyawan tergantung bagaimana perusahaan memanusiakan pekerjanya. Mereka tidak akan keberata jika perusahaan  juga akan loyal terhadap karyawan. Menjadikan karyawan loyal itu tidak mudah.

Loyalitas Pelanggan

Contoh Loyalitas Pelanggan misalnya Novi adalah anak yang suka berbelanja. Dia belanja di Cha*dra Departemen Store. Alasan Novi berbelanja di sana di bandingkan dengan toko yang lain adalah pelayanannya, harga juga jauh lebih murah, pelayananya bagus, merasa nyaman dan lengkap. Untuk kebutuhan sangat cocok untuk berbelanja.

Untuk menambah wawasan anda, anda dapat membaca pengertian produktivitas dan faktor yang mempengaruhinya.

Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerjaan – Pelajarindo.com

Pengertian Produktif Menurut para Ahli – Pelajarindo.com

Terima kasih sudah mengunjungi Pelajarindo.com, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini. salam hangat dari kami penulis pelajarindo.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *