Pengertian Loyalitas Pelanggan – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Loyalitas Pelanggan – adalah kesetiaan pelanggan terhadap jasa/produk yang di buat perusahaan. Kesetiaan pelanggan kepada produk dan jasa yang di buat perusahaan ada beberapa faktor misalnya harga, kualitas, dan pelayanan. Berikut ini adalah penkelasan mengenai loyalitas menurut para ahli.

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Menurut Boulding (dalam Ali Hasan, 2008:83),

Terjadinya loyalitas merek pada konsumen disebabkan oleh adanya pengaruh kepuasan dan ketidakpuasan terhadap merek tersebut yang terakumulasi secara terus – menerus disamping adanya persepsi tentang kualitas produk.

Menurut Amin Widjaja Tunggal (2008:6),

Customer loyalty atau loyalitas konsumen adalah kelekatan pelanggan pada suatu merek, took, pabrikan, pemberi jasa, atau entitas lain berdasarkan sikap yang menguntungkan dan tanggapan yang baik, seperti pembelian ulang. Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada unsur perilaku dan sikap dalam loyalitas pelanggan.

Menurut Engel, Blackwell, Miniard (dalam Ali Hasan, 2008 : 84),

Loyalitas pelanggan merupakan kebiasaan perilaku pengulangan pembelian, keterkaitan dan keterlibatan yang tinggi pada pilihannya, dan bercirikan dengan pencarian informasi eksternal dan evaluasi alternative.

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Pengertian loyalitas pelanggan merupakan bentuk kesetiaan terhadap produk dan jasa yang di buat perusahaan. Tidak mudah menciptakan loyalitas pelanggan. Ada beberapa perusahaan yang mementingkan pelanggan sebagai asset jangka Panjang. Perusahaan yang mempunyai pelanggan banyak bahkan sampai membuat aplikasi untuk mengevaluasi sebagai pengambilan keputusan.

Loyalitas pelanggan dapat di terapkan di perusahaan sebagai pengambilan keputusan atau kebijakan. Loyalitas pelanggan dapat di jadikan acuan pendapatan perusahaan atau inkam perusahaan. Perusahaan dapat menerapkan Customer Relationship Diagram (CRM) kalian dapat membaca artikel tersebut dibawah ini

Pengertian CRM Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Contoh CRM (Customer relationship Managemen) – Pelajarindo.com

4 Dimensi CRM – Pelajarindo.com

Penerapan Customer Relationship Diagram (CRM) menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangat perlu. Karena pelanggan adalah aset jangka Panjang perusahaan. Customer Relationship Diagram (CRM) menerapkan beberapa strategi misalkan menyimpan data pelanggan, melayani chating 24 jam. Strategi untuk Customer Relationship Diagram (CRM) gampang-gampang susah penerapannya. Membuat system CRM juga sangat Panjang prosesnya tidak instan.

Contoh Penerapan Loyalitas Pelanggan

Berikut ini adalah live chat yang di terapkan pada suatu situs besar yang 24 jam. Mereka menawarkan bantuan setiap ada pengunjung yang masuk.

Live Chat

Berikut ini adalah salah satu perusahaan yang menerapkan simpan data base pelanggan.

Data Base Palanggan

Terima kasih sudah mengunjungi Pelajarindo.com, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini. salam hangat dari kami penulis pelajarindo.

One thought on “Pengertian Loyalitas Pelanggan – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *