Pengertian Komik – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian komik

Pengertian komik menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah cerita bergambar. Yang di maksud dengan cerita bergambar adalah majalah, surat kabar, atau berbentuk buku/jilid. Pengertian komik mudah di cerna dan mudah di pahami alur ceritanya. Cerita dalam komik adalah cerita yang beruntun dan menyambung.

Pengertian komik adalah bentuk seni yang menggunakan beberapa gambar serta alur cerita yang menarik yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk cerita yang apik. Komik disusun sedemikian rupa berbentuk buku, koran, majalah dan masih banyak lagi.

Pengertian komik adalah sebuah cerita yang disusun berbentuk gambar dan teks. biasanya komik dikaitkan dengan anime. Banyak sekali komik yang mengangkat anime dari romantic serta laga. Ukurannya juga berbeda-beda ada yang berepisode ada juga yang sekali habis. Gambar kartun atau anime adalah ilustrasi komik pada umumnya.

Pengertian Komik

Ciri-Ciri Komik

berikut ini adalah beberapa ciri-ciri komik antara lain:

1) Bersifat Proposional

Seolah-olah pembaca terbawa oleh situasi alur cerita dalam cerpen. Bisanya pembaca akan memikirkan  jalan keluar dalam permasalahan cerpen.

2) Humor yang Kasar

Bahasa humor biasanya untuk mendekatkan antar individu. Bahasa yang humor yang bersifat kasar ini adalah Bahasa sehari-hari yang di gunakan. Bahasa yang mudah di mengerti oleh pembacanya.

3) Bahasa Percakapan (Bahasa Pasaran)

Bahasa sehari-hari biasanya sangat pas dalam alur cerita. Karena Bahasa sehari-hari sangat mudah di mengerti oleh pembacanya.

4) Bersifat Kepahlawanan

Komik cenderung membawa pembaca untuk memuja pahlawannya.

Jenis-Jenis Komik

Berikut ini adalah jenis-jenis komik :

1) Komik Edukasi

Pertama adalah fungsi hiburan. Kedua komik dapat di jadikan sarana edukasi secara tidak langsung.

2) Komik Promosi (Iklan)

Komik juga dapat menjadi sarana iklan untuk media promosi. Menggunakan komik akan lebih berhasil menggunakan hero-hero yang terkenal.

3) Komik Wayang

Komik sebagai wayang warisan budaya yang menjadikan sarana menceritakan hero wayang. Misalkan gatot kaca merupakan hero yang sangat melegenda sampai sekarang.

4) Komik Silat

Komik ini sangat populer, karena bertemakan silat sangat di sukai kalangan laki-laki. Media ini sangat ampuh untuk menarik pembaca. Hero yang menggunakan pedang atau samurai bahkan senjata pistol dan sebagainya.

5) Komik Kartun/ Karikatur

Kartun karikatur sangat terkenal adalah manga dari jepang. Banyak sekali anime yang berasal dari jepang. Komik kartun ini berisikan cerita yang berisi kritikan, sindiran, dan humor.

6) Komik Potongan

Pernah membaca komik strip? Nah komik potongana adalah komik strip. Ceritanya dapat di buat bersambung. Sehingga si pembaca sangat penasaran dengan kelanjutan cerita tersebut.

Baca Juga:

Tri Satya dan Dasa Dharma | Pelajarindo.com

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

7) Komik Tahunan

Komik tahunan bisanya terbit sebulan sekali. Komik tahunan ini serial yang cerita bersambung.

8) Komik Online (Web Online)

Komik yang ada di web atau webtoon. Pernah membaca komik di webtoon?

9)  Buku Komik

Komik yang berbentuk buku dan mempunyai banyak halaman.

Terima kasih, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel kami. Sebagai timbal balik klik salah satu iklan di halaman artikel. Satu klik anda sangat berharga bagi kami.

Leave a Reply