Pengertian Jurnalis – Pelajarindo

Posted on 6 views
No ratings yet.

Pengertian Jurnalis

Pengertian jurnalis atau bisa di sebut wartawan adalah orang melakukan jurnalisme, menulis, mengambil gambar pada suatu peristiwa kemudian mempublikasikannya. Pengertian jurnalis adalah orang yang melaporkan suatu peristiwa, peristiwa tersebut berdampak ke masyarakat. Seorang jurnalis menyajikan liputannya dalam bentuk gambar, video, rekaman suara, dan tulisan yang kemudian di publikasikan melalui media masa. Media masa yang biasa di gunakan untuk mempublikasikan adalah televisi, radio, surat kabar, koran dll.

Pengertian jurnalis berasal dari kata journal yang artinya catatan harian. Seorang jurnalis menulis tulisannya setiap hari baik kejadian atau peristiwa. Contoh kejadian yang wajib di liput adalah bencana alam, orang besar atau pejabat, berita apa saya yang menyangkut kerugian masyarakat.

Pengertian Jurnalis

Untuk menjadi pengertian jurnalis membutuhkan keahlian kecakapan cepat tanggap, tutur kata yang baik. Ketika berhadapan dengan narasumber di perlukan tutur kata yang baik dan lugas agar pembahasannya menarik. Selain bertanya atau menyimpulkan ada juga tugas jurnalis yaitu menulis laporan yang objektif agar sudut pandang dari masyarakat. Pengertian jurnalis adalah bersifat netral, seorang jurnalis harus bersifat netral tidak memihak salah satu pihak.

Tugas Jurnalis

Berikut ini adalah tugas jurnalis pada umumnya:

1) Meliput

Tugas jurnalis yang pertama adalah meliput kejadian sekitar yang berdampak ke masyarakat. Misalnya peliputan bencana alam di daerah. Tugas jurnalis mengambil gambar serta meliput beberapa saksi mata (warga). Menjadi seorang jurnalis harus siap dengan situasi dan keadaan apapun. Misal kan harus liputan malam karena ada peristiwa maka seorang jurnalis akan siap siaga.

2) Mengolah

Tugas jurnalis ke dua adalah mengolah gambar video dalam bentuk potongan video yang bermakna. Selain mengolah gambar tugas jurnalis adalah menulis kejadian peristiwa dan di sajikan dengan apik. Mengolah gambar atau video dapat di berikan seorang video editor dengan panduan jurnalis.

3) Menyajikan

Tugas jurnalis yang terakhir adalah menyajikan liputan dan menyebar luaskan berita. Berita yang di sebar televisi, radio, koran, surat kabar dan masyarakat luas. Ada stasiun televisi tersendiri yang menampung berita-berita.

Baca Juga:

Pengertian Hak Cipta – Pelajarindo.com

Pengertian Hak Paten – Pelajarindo.com

Selain tugas meliput, mengolah dan menyajikan ada tugas lain jurnalis. Tugas jurnalis juga menerapkan 5W 1H, apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana. Pertanyaan wartawan akan selalu berhubungan dengan 5W 1H.

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga apa yang anda cari ada di artikel ini. Dan sebagai timbal balik untuk kami anda dapat klik salah satu iklan yang ada di halaman kami. Satu klik sangat membantu bagi kami.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *