Pengertian IT Governance Menurut para Ahli – Pelajarindo

Posted on 120 views
No ratings yet.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli – penahkah anda mendengar mengenai IT Govermance? IT Governance adalah suatu komitmen, dimana pengendalian manajemen organisasi sumberdaya sudah mencakup semua. Salah satu sumberdaya yang di gunakan adalah software, brainware, database, dan deknologi jaringan/internet.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli

Berikut ini adalah beberapa ilmuwan mengungkapkan Pengertian IT Governance:

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli IT Governance Institute (2007),

IT Gorvernance adalah tangung jawab dari pimpjnan puncak dan eksekusi manajemen dari suatu perusahaan. Pengertian IT Governance adalah bagian dari pengolahan perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari kepimpinan dan struktur organisasi dan proses yang ada untuk memastikan kelanjutan IT organisasi dan pengembangan strategi dan tujuan organisasi.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli  Well dan Ross (2004),

Pengertian IT Gorvernance adalah framework yang spesifik dalam pengembilan keputusan dan akuntabilitas untuk mendukung kebiasaan perusahaan dalam menggunakan TI. IT Gorvernance harus mampu mengarahkan perilaku penggunaan TI sesuai dengan perilaku yang di inginkan atau ditetepkan (perilaku yang sesuai denagn visi misi, nilai-nilai, strategi dan budaya organisasi).

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli Sanyoto Gondodiyoto (2007),

IT Gorvernance adalah salah satu bagian tertenting dari kesuksesan penerapan good corporate governance. IT Gorvernance memastikan pengukuran efesiensi dan edektifitas peningkatan prosesbisnis perusahaan melalui struktur yang terkait dengan TI menuju kea rah tujuan strategi perusahaan. IT Gorvernance memadukan best practice proses perencanaan, pengolahan, penerapan, pelaksanaan, dan pengawasan kinerja untuk memastikan bahwa TI benar-benar mencapai tujuan.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli Sambamurthy and Zmud (1999),

IT Governance adalah sebagai pola dari otoritas/kebijakan terhadap aktivitas TI (IT Process). Pola ini diantaranya adalah: membangun kebijakan dan pengelolaan IT Infrastructure, penggunaan TI oleh end-user secara efisien, efektif dan aman, proses IT Project Management yang efektif.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli lembaga ISACA di Amerika Serikat,

Mendefinisikan IT Govrnance as a “structure of relationships and processes to direct and control the enterprise in order to achieve the entreprise’s goals by value while balancing risk versus return over IT and its processes”.

Pengertian IT Governance Menurut para Ahli Oltsik (2003),

IT Governance adalah sebagai kumpulan kebijakan, proses/aktivitas dan prosedur untuk mendukung pengoperasian TI agar hasilnya sejalan dengan strategi bisnis (strategi organisasi). Ruang lingkup IT Governance di perusahaan skala besar biasanya mencakup hal-hal yang berkaitan dengan Change Management, Problem Management, Release Management, Availability Management dan bahkan Service-Level Management.

IT Gorvernance tidak terlepas dari Cobit, kalian dapat mempelajari cobit di artikel di bawah ini:

=

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Now, I will do what makes me happy and I don’t waste my time’

Beri nilai untuk artikel ini:

2 thoughts on “Pengertian IT Governance Menurut para Ahli – Pelajarindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *