Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh, Fungsi Ilustrasi

Posted on 36 views
No ratings yet.

Pengertian Ilustrasi – Gambar merupakan media visual dua dimensi yang bisa dinikmati dengan cara di lihat. Ilustrasi adalah hiasan gambar yang menjelaskan sesuatu dan maksud dari gambar. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai gambar naturalisme dan abstrak. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian ilustrasi. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Komik – Pelajarindo.com

Pengertian Ilustrasi

pengertian ilustrasi
pengertian ilustrasi

Pengertian ilustrasi adalah suatu gambar yang digunakan untuk menjaleskan suatu maksud dan makna tertentu. Biasanya gambar tersebut sudah di hiasi dengan ornament tertentu sehingga dapat dinikmati oleh penikmatnya. Selain bertujuan untuk menjelaskan sesuatu ilustrasi tidak kalah bagus dengan gambar lainnya.

Selain itu ilustrasi bisa diartikan sebagai bentuk penjelelasan dari teks sehingga ketika orang melihatnya akan memiliki penjelasan yang berbeda-beda tergantung melihat sudut pandang. Dengan adanya ilustrasi pembaca lebih menarik akan gambar tersebut karena bukan hanya sekedar gambar, namun memiliki banyak makana di dalamnya.

Tujuan Ilustrasi

Berikut ini adalah tujuan ilustrasi antara lain:

  • Memperjelas informasi atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
  • Memberikan variasi pada gamabr sehingga penikmat akana tertarik
  • Membantu pembaca untuk mengingat konsep dan gagasan sesuatu melalui gambar
  • Bentuk kreatifitas seni
  • Akan muncul ide-ide baru dalam hal menggambar dan menyampaikan gagasan
  • Gambar tidak sekedar gambar, namun ad aarti tersendiri.

Fungsi Ilustrasi

Berikut ini adalah fungsi ilustrasi yang bisa kalian pahami antara lain:

1.      Menatik Perhatian pembaca

Gambar-gambar ilustrasi bisa di ambil dari beberapa majalah, koran, media lainnya yang bisa membuat informasi dalam media menjadi lebih menarik untuk pembaca.

2.      Memudahkan pembaca memahami isi pesan

Dengan adanya gambar ilustrasi, maka pembaca akan lebih memahami maksud dan tujuan yang di sampaikan.

3.      Menggambarkan sesuatu peristiwa

Pembaca tidak harus membaca semua seluruh artikel, dengan adanya ilustrasi maka akan lebih tergambar konsepnya.

4.      Mengandung nilai estetika

Informasi dalam bentuk teks menarik, namun akan lebih menarik jika ada nilai estetika dengan menambahkan gambar ilustrasi.

5.      Memudahkan dalam mengungkapkan sesuatu

Gamabr ilustrasi dapat mngungkapkan sesuatu kejadian atau peristiwa dalam bentuk yang sederhana. Sehingga pembaca alan lebih mudah memahaminya.

Jenis Ilustrasi

Berikut ini adlaah jenis-jenis ilustrasi antara lain:

1.      Gambar Kartun

Ilustrasi kartun adalah kumpulan beberapa gambar baik manusia, hewan, tumbuhan dan benda mati lainnya yang di lengkapi dengan bentuk cerita yang menarik. Contoh gambar kartun misalnya komik strip, gag kartun, dan kartun editional.

2.      Gambar Karikatur

Gambar karikatur adalah gambar suatu objek kongret dengan melebih-lebihkan objek. Namun karakter ini sangat populer dikalangan masyarakat. Karikatur juga banyak dijumpai pada koran atau majalan. Gambar karikatur bisa menyampaikan suatu pendapat atau sebuah kritikan.

Contoh Ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa contoh ilustrasi antara lain:

1.      Komik

Komik adalah cerita yang di balut dengan gambar-gambar yang mendukung. Dari dulu hingga sekarang komik sangat populer di kalangan masyarakat muda, anak-anak, bahkan tua. Komik yang paling legend adalah Naruto, One Piace, kiminonawa dan masih banyak lagi.  Dari komik-komik tersebut sampai di jadikan film berseri-seri.

2.      Cover

Jika kita beli buku biasnya gambar cover buku berupa ilustrasi gambar sesuatu. Bukan hanya itu dengan adanya ilustrai semakin menarik pembaca untuk mengetahui isi dalam bukunya.

3.      Majalah

Majalah membantu konsumen mengenai lebih terhadap produk yang di tawarkan. Didalam majalah banyak ilustrasi-ilustrai yang di gunakan agar pembaca tertarik dengan produk yang di pasarkan.

Baca Juga:

12 JENIS-JENIS IKLAN ONLINE, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *