Pengertian Hasad dan Dampak Negatifnya

Posted on 28 views
No ratings yet.

Pengertian Hasad – Hasad adalah salah satu perilaku tercela yang tidak sukai Allah Swt. perilaku tersebut dapat menjadikan amal perbuatan anda sia-sia.

Pengertian Hasad

Nikmat yang dikaruniakan Allah Swt. kepada hamba nya tidak sama. Ada manusiayang dikarunia nikmat berupa harta benda. Ada yang dikaruniai nikmat berupa anak, kecerdasan, kecantikan, dan berbagai nikmat lainnya.Meskipun demikian, ada manusia yang merasa tidka senang jika orang lain menerima karunia Allah Swt. Perasaan itu disebut Hasad.

Hasad merupakan penyakit hati ketika seseorang merasa tidak senang jika orang lain menerima karunia Allah Swt. Hasad secara bahasa yaitu dengki atau benci. sedangkan menurut istilah adalah membenci nikmat Allah Swt. Yang dianugerahkan kepada ornag lain.

Ada beberapa pengertian hasad menurut para ulama :

  1. al-Jurjani al-Hanafi

Hasad adalah menginginkan atau mengaharapkan hilangnya nikmat dari orang yang didengki agar berpindah kepadanya.

  • Imam al-Gazali

Hasad adalah membenci nikmat Allah yang ada pada orang lain dan menyukai hilangnya nikmat tersebut.

  • Sayyid Qutb

Hasad merupakan kerja emosional yang berhubungan dengan keinginan agar nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada hamba-Nya hilang.

1.      Hal yang Dapat Menimbulkan Perilaku Hasad

Hasad merupakan penyakit yang berbahaya. Hasad ini dapat menyerang siapa pun. baik anak-anak orang dewasa, laki-laki maupun perempun. Sifat hasad dapat ditmnulkan oleh sifat-sifat sebagai berikut:

  1. Permusuhan dan kebencian

Permusuhan dapat menyebabkan seseorang berkeinginan untuk mengalahkan lawannya. Sikap ini tidak suka jika lawan mendapat karunia Allah Swt. ia ingin nikmat tersebut hilang atau beralih kepadanya.

2. Sombong dan Ujub

Orang yang sombong selalu merasa diatas orang lain. Ia tidak menyukai jika ada orang lain yang menyainginya. selain itu Ujub juga dapat menimbulkan sifat hasad. Orang yang ujub suka membangga-banggakan amalnya. tidak beda jauh dengan sombong, yaitu ia tak ingin ada yang menyainginya.

3. Cinta Harta dan Jabatan

Seseorang yang terlalu mencintai harta merasa tidak senang jika ada orang lain yang memperoleh nikmat berupa harta benda. Sikap cinta jabatan dapat pula menyebabkan seseorang merasa tidak suka jika ada orang lain mendapat karunia berupa kedudukan.

Menurut Imam al-Gazali ada tiga macam perilaku hasad yaitu sebagai berikut :

  1. Menginginkan agar kenikmatan orang lain itu hilang dan ia dapat menggantikannya.
  2. Menginginkan agar kenikmatan orang lain itu hilang meskipun ia dapat menggantikannya karena merasa muetahil.
  3. Tidak ingin jika nikmat orang lain hilang, tetapi ia benci ketika ada orang lain mendapat kenikmatan dari apa yang dimilikinya.

2.      Dampak Negarif Perilaku Hasad

Hasad tentunya dapat menimbulkan dampak negatif, aik bagi pelaku mapun orang lain. Dampak hasad itu sebagai berikut :

a.      Menghanguskan Amal Kebaikan

Hidup ini merupakan perjuangan. Untuk melakukan amal saleh pun perlu dibutuhkan perjuangan yang keras. Amal yang telah dilakukan bertahun-tahun lenyap sekejap oleh hasad. Ibarat “ panas setahun terhapus oleh hujan sehari “.

b.      Merasa Senang jika Orang Lain Tertimpa Musibah

Mereka merasa senang atau bahagia jika adaorang lain tertimpa musibah. Tetimpa musibah memnyebabkan seseorang berduka atau bersedih. Dengan demikian, ia merasa senang sebab orang lain sengsara.

c.       Memutus Tali Silaturahmi

Hasad dapat juga memutus tali silaturahmi yang sudah terjalin. Suatu nikmat kadang disyukuri denagn mengundang teman untuk makan bersama. Seseorang yang hasad sering tidak mau menghadirinya sebab ia merasa tidak suka dengan nikmat tersebut.

d.      Hilangnya Ketenangan Hidup

Pelaku hasad juga akan kehilangan ketenangan hidup. Ia selalu merasa waswas jika ada orang lain yang mendapat karunia Allah Swt. setiap kali ada orang lain yang menerima karunia-Nya, maka ia merasa bersedih dan tersiksa.

e.       Tidak Dapat Menyempurnakan Iman

Orang yang hasad tidak dapat mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Dalam sebuah hadis Rasulullah saw. dijelaskan bahwa tidak sempurna iman seseorang sehingga ia dapat mencintai orang lain sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

f.       Menyusahkan Diri Sendiri

Hal ini karena sifat hasad yang dimiliknya tidak mampu menolak kehendak Allah Swt. mengaruniakan suatu nikmat kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Kehenda Allah pasti terwujud meskipun orang yang hasad tidak mau menerimannya.

Demikian beberapa dampak negative hasad. Hasad justru menyebabkan dmapak buruk yang tidka pernah kita inginkan. Oleh karena itu, Marila kita jauhi hasad dan musnahkan dari hati.

Pengertian Wakaf Lengkap | pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Pengertian Haji Beserta Hukumnya | pelajarindo.com

Sumber

Penulis :

  1. Arief Nur Rhman Al-Aziiz
  2. TrisaWulandari
  3. Ma’sumantun Ni’mah
  4. Topaji Pandu Barudin

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *