Pengertian Garis Lurus | Rumus, Penjelasan dan Contoh Soal

Posted on 22 views
No ratings yet.

Garis Lurus – Garis lurus merupakan perbandingan antara sebuah titik. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengukuran sebagai dasar perhitungan fisika. Selanjutnya kita akan membahas mengenai garis lurus mulai dari pengertiannya, rumus, penjelasan dan contoh soal. Simak penjelasan berikut ini.

Pengerian Garis Lurus

Pengertian garis lurus adalah perbandingan antara selisih koordinat Y dan koordinat X yang terletak dua titik pada garis tersebut. Sebelum membahas lebih lanjut perhatikan gambar denah berikut ini.

Jika kamu berangkat dari rumah ke sekolah 2 km maka jarak tempuh yang kamu lakukan adalah 4 km. tetapi perpindahan yang kamu lakukan adalah 0. Mengapa bisa demikian? Berangkat sekolah 2 km dan pulang 2 km sehingga tidak mengalami perpindahan. Jarak merupakan Panjang lintasan yang di tempuh, sedangkan perpindahan merupakan posisi awal dan akhir yang berbeda. Bisa kita sebut perpindahan merupakan jarak lurus resultan dari posisi awal sampai posisi akhir.

Apakah kalian sudah mengerti mengenai jarak dan perpindahan? Selanjutnya kalian harus juga memahami perjalanan dengan kendaraan. Jika kalian pergi kesekolah menggunakan motor apakah motor yang anda gunakan melaju dengan kekuatan tetap misalnya 20 km/ jam dari awal hingga akhir? Tentunya tidak, sehingga perlu dibahas juga. Perhatikan gambar di bawah ini.

Perubahan Kelajuan pada Mobil yang Sedang Melaju
Perubahan Kelajuan pada Mobil yang Sedang Melaju

Gambar di atas adalah percepatan mobil yang di tunjukkan dengan spidometer di atasnya. Spidometer tidak mengukur kecepatan gerak, tetapi mengukur kelajuan. Perhatikan gambar spidometernya, jarum menunjukkan kelajuan yang berubah-ubah. Bisakah kalian nenentukan kelajuan mobil pada saat 2 secon, 4 secon dan 8 secon?

Rumus Percepatan:

Dibawah adalah gambar atlet lari yang dengan jarak tempuh 30 meter dalam 6 detik. Sehingga setiap 5 meter setiap detiknya. Kemampuan atlet dalam menempuh jarak (s) tertentu setiap detiknya (t) disebut sebagai kelajuan atau cara matematis dapat di tulis rumus.

Jarak dan Waktu Tempuh Atlit Lari
Jarak dan Waktu Tempuh Atlit Lari

Persamaan Garis Lurus melalui 2 titik dimana x1, y1 dan x2, y2 adalah koordinat 2 titik.

Persamaan Garis Melalui 1 titik dan diketahui gardien dimana m adalah gradien dari suatu persamaan x1,y1 adalah koordinat dari suatu titik

Contoh Soal Garis lurus

Saat mendekati lampu lalu lintas, mobil yang awalnya bergerak dengan kecepatan 72 km/jam (20 m/s) diperlambat hingga 0 km/jam dalam selang waktu 5 sekon dengan proses perubahan seperti dalam Tabel berikut:

Berapakah perubahan kecepatan monil dalam setiap second?

Jawab:

Baca Juga:

PENGUKURAN | Pengertian, Tabel, Rumus, Contoh Soal

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *