PENGERTIAN DAN FUNGSI SIGNAL TRANSFER POINT | pelajarindo.com

Posted on 53 views
5/5 (1)

Pengertian Signal Transfer Point – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai Signal Transfer Point. Sebelumnya kita sudah membahas menganai Pengertian sistem komputer dan contoh soal jaringan komputer. Simak penjelasan berikut ini.

Sebelumnya kalian bisa baca atrikel mengenai Signaling System 7 berikut adalah linknya:

SIGNALLING SISTEM 7 (SS7) | PENGERTIAN , SKEMA, MODE, FUNGSI

Pengertian Signal Transfer Point

Signal Transfer Point adalah router yang menyampaikan pesan SS7 antara pensinyalan titik akhir dan pensinyalan pensinyalan lainnya. SEP tipikal meliputi titik-titik penggantian layanan dan titik-titik kontrol layanan (Wikipedia).

Fungsi Signal Transfer Point

Fungsi utama dari STP adalah switch dan address SS7 messages. SS7 message tidaklah berasal atau ditujukan ke STP. Tetapi STP merelay SS7 message seperti packet switch atau message router ke node SS7 lainnya agar dapat berkomunikasi. Beberapa SSP atau SCP memerlukan akses untuk signalling sebelum terhubung ke sebuah STP.

Fungsi Utama STP

berikut ini adalah fungsi utama STP (Signal Transfer Point) antara lain:

  1. Sebagai physical connection ke SS7 network
  2. Sekuritas melalui proses gateway screening
  3. Message routing melalui Message Transfer Part (MTP)
  4. Message addressing melalui Global Title Translation (GTT)
  5. Biasanya STP-STP dioperasikan secara berpasangan sebagai cadangan/redundancy. STP-STP bia-sanya diinterkoneksikan secara hierarki dimana STP lokal menyediakan akses ke SSP. Kemudian STP lokal terhubung ke sebuah gateway STP, yang mana gateway STP ini menyediakanakses ke jaringan lain atau aplikasi data base (basis data).

Baca Juga:

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *