Pengertian, Komponen, Manfaat E-Commerce | Pelajarindo.com

Posted on 104 views
No ratings yet.

Pengertian E-Commerce – Memulai bisnis harus mengerti mengenai pemasaran produk. Bisnis akan berkembang dengan cepat jika produk dapat di terima oleh masyarakat luas. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian iklan online. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian e-ecomerce, berikut ini pembahasannya.

12 JENIS-JENIS IKLAN ONLINE, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Pengertian E-Commerce

Pengertian E-commerce adalah transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. E-commerce adalah suatu proses berbisnis yang menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik. Transaksi e-commerce juga aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang atau jasa), dengan memanfaatkan jaringan elektronik misalnya internet dan jaringan computer.

Penggunaan teknologi dalam transaksi atau pemasaran sangat berpengaruh. Zaman modern sekarang ini sudah banyak orang-orang berbelanja dengan menggunakan Handphone saja. Banyak toko-toko baju atau keperluan lainnya pembelian melalui online. Toko online yang lagi marak adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, Zillinggo dan masih banyak lagi. Transaksi atau pembayaran melalui transfer, metode transfer sangat bermacam-macam bisa langsung menggunakan ATM atau Alfamart dan Indomart.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian iklan online, kalian bisa membaca artikel tersebut karena masih benrkaitan dengan e-commerce berikut adalah linknya:

PENGERTIAN, TUJUAN, CONTOH, JENIS DAN KEUNTUNGAN IKLAN ONLINE

Komponen E-Commerce

E-commerce mempunyai beberapa komponen. Adapun komponen ecommerce antara lain sebagai berikut:

1.      Produk

Komponen yang paling utama adalah produk. Mulai dari produk digital misalnya ebook, membership, Software, musik. Maupun produk fisik misalnya buku, pakaian, makanan, budget dan lainnya.

2.      Tempat Menjual Produk

Tempat menjual produk di lakukan di internet. Maka dibutuhkan domain dan hosting untuk membuat website sebagai media pemasaran. Kalian bisa menggunakan template geratis, namun jika hosting harus yang berbayar.

3.      Cara Menerima Pesanan

Menerima pesanan ada banyak caranya mulai dari SMS, WA, IG, telephone, atau media social lainnya. Pemanfaatan gadget sangat berpengaruh dalam penerimaan pesanan. Namun jika sudah mempunyai website maka bisa menerima pesanan melalui website tersebut.

4.      Metode Pembayaran

Metode pembayaran bisa di lakukan dengan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga produk dan ongkir jika adal. Selain transfer juga bisa menggunakan kartu kredit,Payment dan COD.

5.      Metode Pengiriman

Metode pengiriman barang e-commerce bisa melalui jasa pengiriman misalnya JNe, JNT, TIKI, Pos Indonesia dan jasa pengiriman lainnya. Untuk jarak yang dekat bisa menggunakan jasa antar atau ojek.

6.      Customer Service

Customer service berguna bagi pelanggan yang ingin bertanya. Pesan bisa di sampaikan melalui chating langsung melalui aplikasi atau melalui media social.

Metode Pembayaran Google AdWords | Transfer, PayPal, Kredit

Manfaat E-Commerce

Berikut ini adalah manfaat e-commerce bagi pengusaha antara lain:

a.       Dapat meningkatkan pangsa pasar

Transaksi online dapat mengjangkau semua orang diseluruh dunia. Semua orang dapat mudah memesan produk yang di mau melalui transaksi online. Sehingga e-commerce dapat meningkatkan pangsa pasar.

b.      Menurunkan biaya operasiaonal

Transaksi yang biasanya di oprasionalkan dapat di minimalisir. Misalnya beban gaji, lembur akan di kurangi karena promosi menggunakan e-commerce lebih cepat dan mudah.

c.       Melebarkan jangkauan

Melebarkan jangkauan, semua orang bisa akses dan bisa beli kapan saja hanya dengan memesan melalui suatu aplikasi.

d.      Meningkatkan customer loyalty

Meningkatkan customer loyalty, pelanggan dapat membeli produk kapan saja dan di mana saja. Aplikasi dapat di akses setiap harinya hanya dengan terhubung melalui internet.

e.      Meningkatkan supply menagemen

Jumlah stok barang tidak perlu lagi dihitung manual karena sudah ada di aplikasi.

f.        Memperpendek waktu promosi

Dengan adanya pemasaran e-commerce tidak perlu terlalu lama waktu promosi, jika lancar maka barang akan cepat ganti dengan yang baru.

Berikut ini adalah manfaat e-commerce bagi konsumen antara lain:

  1. Konsumen dapat bebelanja dengan mudah selama 24 jam
  2. Konsumen dapat melihat banyak pilihan produk yang di inginkan
  3. Konsumen dapat membeli produk dengan biaya yang di inginkan setelah membadingkan harga

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKLAN ONLINE | Pelajarindo.com

Berhubungan dengan E-Commerce

Ada beberapa berhubungan yang terlibat dalam e-commerce. Berikut ini adalah berhubungan dengan e-commerce antara lain:

  1. Customer : target pasar yang akan di terjang
  2. Penjual : pihak yang menawarkan produk
  3. Infrastuktur : media elektoniknya
  4. Forn End : aplikasi webnya yang digunakan untuk berinteraksi
  5. Back End : aplikasi yang tidak langsung biasanya pihak lain seperti pembayaran, atau pengiriman
  6. Intermediary : pihak ketiga yang menjembatani, yang membantu penjualan
  7. Patner Bisnis Lain : selain intermediary ada pihak lain yang berkolaborasi
  8. Support Service : support yang memberikan keamanan sampai pada knowledge provider.

Baca Juga:

Kekurangan Dan Kelebihan Google Adwords | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *