Pengertian Antagonisme – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Antagonisme – adalah bakteri yang dapat berinteraksi saling menguntungkan. Pelajarindo akan membahas mengenai pengertian antagonis. Pahami dengan cermat agar anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini.

Pengertian Antagonisme

Pengertian antagonisme adalah interaksi antar mikro organisme yang saling menguntungkan symbiosis mutualisme, dapat menekan peryumbuhan hubungan mikro organisme (kusnandi, 2003). Pengertian antagonism adalah mikroba yang saling menguntungkan dan jenis mikroba tersebut adalah patogen. Patogen adalah bakteri yang baik. Mikroba antagonis memiliki tugas adalah memusnahkan, menghambat dan menekan mikroba yang bersifat merugikan.

Didalam tubuh manusia banyak sekali mikro organisme, bakteri, virus yang bersifat jahat dan baik. Ternyata ada juga lo bakteri yang bersifat patogen yaitu bakteri baik. Mereka saling symbiosis mutualisme dan saling menguntungkan satu sama lain.

Ada beberapa jenis mikroba antagonisme antara lain jamur, cendawan, virus, actinomycetes dan berupa bakteri. Tidak memua virus dan bakteri itu jahat, ada virus dan bakteri yang bersifat baik yaitu sering di sebut patogen. Jenis mikroba yang ada manfaatnya dan yang termasukantagonisme dapat di manfaatkan menjadi bahan aktif biopesida pengendali hama tanaman.

Pengertian Antagonisme

Hubungan mikro organisme dengan mikro organisme lain adalah saling menekan pertumbuhan. Hubungan dan bentuk interaksi antar mikro organisme. Satu mikro organisme menghasilkan satu senyawa kimia dan akibatnya dapat meracuni mikro organisme lainnya. Bisa di pastika mikro organisme saling membunuh antar lain dengan senyawa masing-masing. Dan akibatnya saling menghambat pertumbuhan mikro organisme lainnya.

Ada beberapa bentuk antagonisme misalnya konpetisi, parasitisme, amensalisme dan predasai. Mikro organisme jenis ini muncuk karena salam satu ruangan yang bercampur aduk antar mikro organisme. Sehingga mereka merebutkan nutrisi untuk kepentingan mereka masing-masing. Bakteri yang bersifat penting dalam tubuh dan lemah akan tertindas. Sedangkan yang kuat akan berkembang terus-menerus sehingga mengakibatkan tidak keseimbangnya mikro organisme dalam tubuh.

Demikian penjelasan pengertian antagonisme, semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini. Peluk hangat dari kami sang penulis, kami harap artikel ini dapat berguna bagi pembancanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *